Pertamina Ajak Konsumen Gunakan Bahan Bakar Diesel Terbaik, Ini Keuntungannya

Minggu, 24 November 2019 13:46 Reporter : Arie Sunaryo
Pertamina Ajak Konsumen Gunakan Bahan Bakar Diesel Terbaik, Ini Keuntungannya SPBU Pertamina di Solo. ©2019 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - PT Pertamina (Persero) mengajak konsumen kendaraan diesel untuk menggunakan bahan bakar terbaik, Pertamina Dex. Ajakan sekaligus aktivasi aplikasi 'MyPertamina' dilakukan khusus untuk komunitas Pajero Sport Club Solo Raya, di SPBU COCO 41.575.01 Jalan Ir Soekarno, Solo Baru, Sukoharjo, Minggu (24/11).

Sales Area Manager Retail Area Yogyakarta PT Pertamina, Pande Made Andi Suryawan mengatakan, Pertamina Dex merupakan bahan bakar diesel (gasoil) dengan kualitas terbaik, inovasi dari Pertamina untuk mendukung kebutuhan kendaraan konsumen. Sehingga sangat cocok untuk mesin diesel commonrail seperti Pajero.

"Dengan angka cetane 53 (pembakaran diesel), sehingga pembakarannya lebih sempurna. Dengan pembakaran sempurna, tarikannya akan lebih ringan dan lebih irit. Gas buangnya kalau kita lihat, knalpotnya tidak ada yang hitam," ujarnya.

Keunggulan lainnya, lanjut Pande, kandungan sulfur atau belerang yang rendah 300-500 ppm (part per milion) saja. Jumlah tersebut tidak sampai 10 persen dari solar biasa. Dengan sulfur yang rendah, mesin juga akan lebih awet. Karena dengan sulfur yang tinggi, kandungan as am yang tinggi akan membuat mesin mudah berkarat.

"Kalau peminatnya cukup tinggi, karena masyarakat sudah mulai paham terkait kualitas BBM, kinerja mesin. Peminatnya cukup tinggi, mungkin sudah mencapai sekitar 20-30 persen untuk diesel fuel," terangnya.

1 dari 2 halaman

Aplikasi MyPertamina

Sales Branch Manager Pertamina MOR IV wilayah Sukoharjo dan Wonogiri, Novan Reza Pahlevi menambahkan, aplikasi 'MyPertamina' merupakan aplikasi mobile yang bisa didapatkan melalui google playstore maupun applestore untuk memudahkan konsumen dalam mendapatkan informasi seputar Pertamina. Diantaranya info keberadaan SPBU, event, produk dan lainnya.

"Pada aplikasi tersebut konsumen dengan mudah mendapatkan informasi seputar produk seperti Pertamina Dex. Termasuk lokasi SPBU yang menjual produk Dex Series," katanya.

Menurut Novan, acara yang juga dihadiri oleh Komunitas Pajero Sprot Club Soloraya menjadi ajang sosialisasi kepada pemilik kendaraan bermesin diesel untuk menggunakan bahan bakar gasoil terbaik.

Wakil Presiden Pajero Sport Club Soloraya, Tri Wibowo menyampaikan, Pertamina Dex membuat mesin kendaraannya bekerja secara optimal. Sejak menggunakan Pertamina Dex, tarikan mesin menjadi lebih halus dan performance mobilnya juga lebih baik.

"Banyak kemudahan yang diberikan 'MyPertamina'. Kita bisa tahu keberadaan keberadaan SPBU terdekat, jadi kita bisa memperkirakan pengisian BBM. Banyak bonus-bonus, seperti 'May Day' itu, ada diskonnya Rp 1.200 per liter. Tahun lalu di fitur 'MyBerkah' itu ada hadiahnya paket umrah, motor dan lainnya," katanya.

2 dari 2 halaman

Pertamina Terus Lakukan Pendekatan

Terpisah, Unit Manager Communication & Relations Pertamina MOR IV, Anna Yudhiastuti mengemukakan, Pertamina akan terus melakukan pendekatan kepada konsumen untuk menggunakan bahan bakar diesel yang lebih baik.

Saat ini, lanjut dia, produk gasoil (diesel) Pertamina terdiri dari produk biosolar dan Dex Series.

"Biosolar ini jenis bahan bakar tertentu. Sesuai Peraturan Presiden hanya diperuntukkan bagi industri rumah tangga, usaha mikro, usaha pertanian, usaha perikanan, transportasi dan pelayanan umum. Sehingga selain yang ditentukan tersebut selayaknya menggunakan bahan bakar diesel lainnya yaitu Dex Series," tutup Anna. [idr]

Baca juga:
Pertamina Targetkan Investasi Rp 100 Triliun di 2020
Jadi Direktur Utama BTN, Ini Tugas Pahala Mansury
Emma Sri Martini jadi Direktur Keuangan Pertamina, Siapa Dirut Telkomsel?
Terapkan Teknologi Digital Pertamina Hemat Triliunan Rupiah
Alasan Erick Thohir Pilih Ahok Jadi Komisaris Pertamina: Butuh Sosok Pendobrak

Topik berita Terkait:
  1. Pertamina
  2. BUMN
  3. Surakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini