Pertamina Ajak Konsumen Gunakan Bahan Bakar Diesel Terbaik, Ini Keuntungannya

Minggu, 24 November 2019 13:46 Reporter : Arie Sunaryo
Pertamina Ajak Konsumen Gunakan Bahan Bakar Diesel Terbaik, Ini Keuntungannya SPBU Pertamina di Solo. ©2019 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - PT Pertamina (Persero) mengajak konsumen kendaraan diesel untuk menggunakan bahan bakar terbaik, Pertamina Dex. Ajakan sekaligus aktivasi aplikasi 'MyPertamina' dilakukan khusus untuk komunitas Pajero Sport Club Solo Raya, di SPBU COCO 41.575.01 Jalan Ir Soekarno, Solo Baru, Sukoharjo, Minggu (24/11).

Sales Area Manager Retail Area Yogyakarta PT Pertamina, Pande Made Andi Suryawan mengatakan, Pertamina Dex merupakan bahan bakar diesel (gasoil) dengan kualitas terbaik, inovasi dari Pertamina untuk mendukung kebutuhan kendaraan konsumen. Sehingga sangat cocok untuk mesin diesel commonrail seperti Pajero.

"Dengan angka cetane 53 (pembakaran diesel), sehingga pembakarannya lebih sempurna. Dengan pembakaran sempurna, tarikannya akan lebih ringan dan lebih irit. Gas buangnya kalau kita lihat, knalpotnya tidak ada yang hitam," ujarnya.

Keunggulan lainnya, lanjut Pande, kandungan sulfur atau belerang yang rendah 300-500 ppm (part per milion) saja. Jumlah tersebut tidak sampai 10 persen dari solar biasa. Dengan sulfur yang rendah, mesin juga akan lebih awet. Karena dengan sulfur yang tinggi, kandungan as am yang tinggi akan membuat mesin mudah berkarat.

"Kalau peminatnya cukup tinggi, karena masyarakat sudah mulai paham terkait kualitas BBM, kinerja mesin. Peminatnya cukup tinggi, mungkin sudah mencapai sekitar 20-30 persen untuk diesel fuel," terangnya.

Baca Selanjutnya: Aplikasi MyPertamina...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Pertamina
  3. BUMN
  4. Surakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini