Penutupan IHSG capai 6.355 poin, Bos BI optimistis sambut ekonomi tahun depan

Jumat, 29 Desember 2017 16:35 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Penutupan IHSG capai 6.355 poin, Bos BI optimistis sambut ekonomi tahun depan JK tutup perdagangan bursa saham 2015. ©2015 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo secara resmi melakukan penutupan perdagangan bursa saham 2017 pada level 6.355 poin. Angka tersebut naik signifikan apabila dibandingkan tahun 2016 yang hanya mencatat penutupan perdagangan pada level 5.296 poin.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo berharap, kondisi ekonomi Indonesia yang terus membaik ini harus dijadikan pegangan untuk optimis melakukan perbaikan pada tahun depan.

"Indonesia punya kesempatan untuk melakukan dan mencapai pertumbuhan ekonomi yang kuat dan berkesinambungan. Jadi pesannya, Indonesia harus optimis bahwa tahun depan akan lebih baik," kata Agus, di Masjid BI, Jumat (29/12).

Menurutnya, pemerintah akan terus mengantisipasi berbagai peristiwa yang akan terjadi di tahun depan, seperti Pilkada, Asian Games, dan pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia. Sehingga masyarakat dan para stakeholder tak perlu khawatir jika terjadi gejolak.

"Tahun depan ada agenda politik, 171 pemda akan menyelenggarakan pilkada, tidak perlu khawatir dengan itu. Karena selama ini Indonesia sudah hidup dalam suasana demokrasi itu. Dan suasana pilkada itu tidak pernah menjadi suatu kondisi yang negative terhadap ekonomi. Bahkan pilkada itu memberikan daya dorong pada ekonomi Indonesia. Apalagi tahun depan ada Asean Games, pertemuan IMF world bank, jadi optimis. Optimis adalah modal utama Indonesia untuk lebih baik," imbuhnya.

Selain itu, ekonomi global juga mempunyai kondisi yang membaik dan itu terlihat dari pertumbuhan ekonomi di negara maju dan berkembang semuanya menunjukkan kondisi baik. "Dilihat dari harga komoditi membaik, minyak membaik, dan volume perdagangan diperkirakan akan meningkat," ujarnya. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini