Penggunaan motor untuk mudik turun 40 persen tahun ini

Minggu, 17 Juni 2018 20:30 Reporter : Merdeka
Penggunaan motor untuk mudik turun 40 persen tahun ini Pemudik sepeda Motor. ©2012 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi mengatakan, pemakaian motor pada mudik Lebaran 2018 menurun hingga 14 persen. Penyebabnya, antara lain karena adanya program mudik gratis yang dilakukan baik oleh pemerintah maupun pihak swasta.

"Penghitungan dengan traffic counting dua hari lalu, sepeda motor secara akumulasi turun 40 persen. Turunnya (terhitung) tinggi karena mudik gratis banyak," kata Budi di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta, Minggu (17/6).

Merujuk data Kemenhub, penggunaan motor pada mudik tahun ini tercatat sebanyak 56.217 unit. Jumlah tersebut jauh berkurang dibanding 2017, di mana ada 96.535 unit motor yang dipakai untuk kepentingan mudik.

Menurutnya, hal itu merupakan pertanda bahwa pemerintah sudah berhasil mengkampanyekan program mudik dengan mengenakan angkutan tanpa biaya yang diselenggarakan oleh berbagai BUMN atau pihak swasta.

Selain itu, sejumlah jalan tol fungsional Trans Jawa dari Semarang menuju Jakarta akan ditutup sementara pada malam ini untuk dilakukan perbaikan.

Menurut data Kemenhub, saat ini terdapat dua ruas tol di sepanjang jalur Semarang-Jakarta yang masih dioperasikan secara fungsional. Kedua tol tersebut yakni Tol Pemalang-Batang dan Tol Batang-Semarang.

"Besok pagi sudah mulai ditutup Jan 22.00 WIB karena ada pemeliharaan. Setelah itu, besok baru dibuka dari Semarang ke Jakarta," pungkasnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini