Pemerintah Operasikan Dua SPBU BBM Satu Harga di Pulau Nias

Kamis, 6 Desember 2018 18:13 Reporter : Merdeka
Pemerintah Operasikan Dua SPBU BBM Satu Harga di Pulau Nias BBM satu harga. ©2018 Liputan6.com

Merdeka.com - Dua Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Bahan Bakar Minyak (BBM) satu harga, di Pulau Nias Sumatera Utara telah beroperasi. Dengan adanya lembaga penyalur resmi tersebut, masyarkat membeli Premium dan Solar subsidi sesuai dengan harga yang ditetapkan pemerintah.

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan, melalui program BBM satu harga pemerintah memberikan rasa keadilan, karena membuat harga premium dan solar sama‎ dengan ketetapan pemerintah yaitu Rp 6.450 per liter untuk Premium dan Rp 5.150 per liter untuk solar.

"Ini upaya pemerintah membuat BBM terutama premium dan biosolar harganya sama di seluruh nusantara," kata Jonan, saat meresmikan SPBU BBM satu harga, di Distrik Sitolu Ori-Kabupaten Nias Utara, Kamis (6/12).

SPBU yang baru dioperasikan terletak di Distrik Sitolu Ori Kabupaten Nias Utara dan di Distrik Hibala Kabupaten Nias Selatan. Dua lembaga penyalur di Sumatera Utara ini merupakan titik BBM satu Harga ke-47 dan 48 yang diresmikan oleh Pertamina pada tahun 2018.

‎Direktur Pemasaran Ritail Mas'ud Khamid menjelaskan, SPBU Distrik Hibala-Kabupaten Nias Selatan akan menerima pasokan BBM dari Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Gunung Sitoli. Distribusi dari TBBM Gunung Sitoli ke SPBU tersebut memakan waktu lebih dari 2 jam dengan moda perjalanan darat atau sekitar 95 kilometer (km). SPBU ini akan disediakan BBM jenis Premium dan Solar.

Sebelum dilakukan program ini, harga Premium di Distrik Sitolu Ori mencapai Rp12 ribu per liter. Sedangkan, Biosolar Rp9 ribu per liter. Saat ini, masyarakat Distrik Sitolu Ori bisa menikmati harga Premium Rp6.450 dan Rp5.150 untuk Solar.

Sementara itu, SPBU di Distrik Sitolu Ori Kabupaten Nias Utara berjarak 41 kilometer dari TBBM Gunung Sitoli. Sebelum adanya BBM Satu Harga, masyarakat setidaknya membayar Rp7.500 per liter untuk Premium dan Rp7 ribu per liter untuk Solar.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini