Pemerintah Cari Formula UMK Dapat Sertifikasi Halal Gratis

Kamis, 9 Januari 2020 18:51 Reporter : Intan Umbari Prihatin, Dwi Aditya Putra
Pemerintah Cari Formula UMK Dapat Sertifikasi Halal Gratis label halal. REUTERS

Merdeka.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menggelar rapat bersama jajaran menteri Indonesia Maju, salah satunya membahas kebijakan mempermudah usaha mikro dan kecil (UMK), dengan cara menggratiskan biaya proses pembuatan sertifikasi halal.

"Untuk menyinkronkan hal-hal yang masih belum terutama pertama tentang masalah pengenaan tarif untuk UMK," kata Ma'ruf Amin usai memimpin proses sertifikat halal di kantornya, Jalan Merdeka Utara, Kamis (9/1).

Meski demikian, pemerintah mencari cara agar kebijakan tersebut tidak membebani anggaran negara dan UMK. "UMK ini banyak sekali, gimana caranya bisa tersertifikasi tapi tidak membebankan UMKM, tapi juga tidak membebankan negara, ini yang lagi kita selesaikan," imbuhnya.

Dia meminta agar Badan Penyelenggara Jaminan Halal (BPJPH) untuk menyiapkan auditor yang cukup sesuai dengan Lembaga Pemeriksa Halal (LPH). "Nah ini yang perlu dipercepat," kata Ma'ruf.

1 dari 1 halaman

Gunakan APBN

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, akan memberikan subsidi agar UMK bisa memperoleh sertifikasi halal secara gratis. Salah satunya, dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Iya salah satu kalau untuk yang mikro itu opsinya salah satunya APBN," kata Airlangga di Istana Wakil Presiden, Jakarta.

Untuk sementara waktu, pemerintah masih memperhitungkan tarif dari proses sertifikasi tersebut. Nantinya pemerintah juga akan melibatkan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal untuk mendukung implementasi ini.

"Jadi yang penting prosedurnya itu nanti akan jelas, waktunya jelas, biayanya juga jelas. Tujuannya itu saja," tandas dia. [azz]

Baca juga:
Wapres Ma'ruf Amin Gelar Rapat Kelanjutan Sertifikat Halal
Pemerintah Kaji Gratiskan Sertifikasi Halal Usaha Mikro dan Kecil
Menko Airlangga Siapkan Skema Sertifikasi Halal Gratis untuk UMKM
MUI: Label Makanan Halal Cegah Kontaminasi Resto Sudah Bersertifikat
Kasus Penipuan Akreditasi Label Halal, Polisi Sebut Stafsus Wapres Ma'ruf Cuma Saksi
Bertemu Jokowi, Delegasi Uni Eropa Singgung Regulasi Jaminan Produk Halal

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini