Menteri PUPR Minta Badan Usaha Beri Diskon Tarif Tol saat Mudik Lebaran

Jumat, 10 Mei 2019 16:53 Reporter : Merdeka
Menteri PUPR Minta Badan Usaha Beri Diskon Tarif Tol saat Mudik Lebaran Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. ©2017 Merdeka.com/Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono belum bisa memastikan apakah akan ada diskon tarif tol saat mudik Lebaran. Untuk itu, dia terus mendorong kepada seluruh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) agar mau memberikan diskon tarif tol saat masa mudik.

"Nanti BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol, Kementerian PUPR) akan diskusi dengan BUJT. Saya akan dorong mereka untuk bisa berikan diskon. Biar dibicarakan dulu. Mudah-mudahan bisa," ujar dia di kantornya, Jakarta, Jumat (10/5).

Lebih lanjut, Basuki juga turut berkomentar seputar perpindahan Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama di Tol Jakarta-Cikampek. Menurutnya, pergeseran pintu tol utama itu tidak akan banyak mengubah hitungan tarif yang sudah ada.

Seperti diketahui, Kementerian PUPR tengah melakukan relokasi atau pemindahan pintu tol besar di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, yakni dari Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama (Cikarut) ke Km 70 GT Cikampek Utama dan Km 67 GT Kalihurip Utama.

Adapun sistem pembayaran tol di Jalan Tol Jakarta-Cikampek saat ini terdiri dari dua jenis transaksi, yakni sistem transaksi terbuka di ruas Tol Jakarta-Cikarang Barat serta transaksi tertutup di ruas Cikarang Barat-Cikampek. Kedua transaksi tersebut selama ini dilakukan di GT Cikarang Utama, sehingga kerap menimbulkan antrean panjang.

"Sebetulnya pemindahan Gerbang Tol ini secara total enggak ada perubahan tarif. Pondok Gede tetap, Bekasi Timur tetap, Cikarang tetap. Kalau di belakang pintu original kan lebih lancar, itu siste pembayarannya terbuka," tandasnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini