Menteri ESDM soal Swasta Mau Jual Avtur: Mau Enggak Main di Pelosok

Rabu, 27 November 2019 20:27 Reporter : Merdeka
Menteri ESDM soal Swasta Mau Jual Avtur: Mau Enggak Main di Pelosok Konsumsi avtur meningkat. ©2013 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) memberi syarat untuk perusahaan swasta yang ingin menjual avtur di Indonesia. Ini menindaklanjuti pernyataan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang mengeluhkan tingginya harga avtur Pertamina hingga membuat harga tiket pesawat mahal.

Menteri ESDM, Arifin Tasrif mengatakan, jika ada pihak swasta yang ingin berjualan avtur di Indonesia, maka penjualannya tidak hanya di bandara besar tetapi juga harus menjual avtur di bandara yang ada di wilayah terpencil. Hal ini untuk membuktikan harga avtur yang dijual Pertamina kompetitif.

"Mau enggak main di pelosok pelosok. Iya dong harus ikut bareng semua," kata Arifin di Gedung DPR, Jakarta,‎ Rabu (27/11).

Menurut Arifin,‎ harga avtur di bandara wilayah terpencil jauh lebih tinggi sebab biaya penyalurannya lebih mahal karena kondisi geografis yang sulit diakses. Saat ini hanya Pertamina yang mau menjual avtur di bandara terpencil tersebut.

"‎Sekarang kan yang jadi backbone Pertamina dia bisa mencapai seluruh pelabuhan udara yang di pelosok dan c‎ost itu tinggi untuk angkut ‎," ujar Arifin.

1 dari 1 halaman

Evaluasi Pembentukan Harga

Kementerian ESDM katanya saat ini sedang melakukan evaluasi ulang pembentukan harga avtur Pertamina untuk mencari kemungkinan ada struktur pembentukan harga yang bisa dipangkas.

"Kita lagi bahas, dan ternyata Pertamina juga punya avtur cukup banyak," tandasnya.


Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com [idr]

Baca juga:
Pulang dari Korea, Erick Thohir Akan Bahas Mahalnya Harga Avtur Dalam Negeri
Garuda Indonesia soal Peluang Swasta Jual Avtur: Jangan Berandai-andai Lah
Tekan Harga Tiket Pesawat, Menhub Budi Bakal Gelar Rapat Bahas Harga Avtur
Bos Pertamina soal Harga Avtur Mahal di Indonesia: Kita Ikut Formula Pemerintah
Harga Avtur Mahal, Wings Air Tutup 7 Rute Menuju Indonesia Timur
Awal 2020, ITB Akan Uji Coba Komersil Avtur Nabati di Kilang Cilacap

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini