Menko Luhut Optimistis Kendaraan Listrik Buatan Indonesia Laku di Pasaran

Sabtu, 31 Agustus 2019 13:00 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Menko Luhut Optimistis Kendaraan Listrik Buatan Indonesia Laku di Pasaran Menko Luhut Naik Gesits. ©2019 Merdeka.com/Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, produk motor listrik buatan anak bangsa akan mendapatkan pasar dalam negeri. Sebab, produk tersebut berkualitas dan mampu menarik minat masyarakat.

"Semua orang mau lah, saya saja tadi mau beli. Suaranya tidak ribut," kata dia, di Monas, Jakarta, Sabtu (31/8).

Dalam penjualan akan dipengaruhi oleh mekanisme supply and demand. Namun dia optimistis, kenyamanan yang ditawarkan oleh motor listrik buatan dalam negeri bisa memberikan nilai tambah lebih.

"Ya itu nanti supply demand dan kenyamanan. Dan memang kalau orang mau gebar-gebertidak akan bisa gitu. Ya nanti yang suara-suara ribut kita kasih pajaknya tinggi sedikit," ungkap dia.

Dia pun menegaskan komitmen pemerintah untuk berpihak pada produk kendaraan listrik dalam negeri. Salah satunya lewat alokasi APBN untuk membeli kendaraan listrik.

"Mungkin 2021 APBN kita bisa diarahkan untuk mobil dan motor listrik.
Kalau nanti produksi dalam negeri itu bisa dapat (benefit) yang lebih bagus lagi," ujar dia.

Pemerintah juga berkomitmen untuk membuka ruang agar pasar kendaraan listrik dapat diisi oleh banyak pemain. Jadi tidak hanya akan dikuasi oleh satu pihak atau segelintir pihak.

"Saya senang dirut PLN ini sudah bikin charging (station). Saya bilang nanti bikinnya jangan anak usahanya lagi. Biarkan swasta. Biar mereka berkembang," tegas Luhut. [did]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini