Menhub Budi janjikan proyek LRT ini sudah bisa beroperasi tahun depan

Kamis, 14 Desember 2017 16:34 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Menhub Budi janjikan proyek LRT ini sudah bisa beroperasi tahun depan Menteri Perhubungan RI Budi Karya. ©2017 merdeka.com/imam mubarok

Merdeka.com - Menteri Perhubungan Budi Karya memastikan pembangunan Light Rail Transit (LRT) di Palembang dan Jakarta milik Jakpro sudah akan selesai pada April 2018 dan dapat mulai beroperasi. Sehingga mampu mendukung penyelenggaraan Asian Games 2018.

"LRT ada 3 proyek. LRT di Palembang akan selesai 2018 ini bulan April dan beroperasi Juni 2018 sehingga Asian Games bisa diaktifkan. Begitu juga LRT yang dioperasikan Jakpro akan selesai bulan April dan akan dioperasikan pada ajang Asian Games," ungkapnya di Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Kamis (14/12).

Sementara, Menteri Budi mengatakan untuk LRT Jabodebek ditargetkan akan selesai pada awal 2019 dan mulai beroperasi pertengahan 2019.

Seperti diketahui, Jakpro memiliki tujuh koridor pembangunan LRT. Meliputi Kebayoran Lama-Kelapa Gading, Tanah Abang-Pulomas, Joglo-Tanah Abang, Puri Kembangan-Tanah Abang, Pesing-Kelapa Gading, Pesing-Bandara Soekarno-Hatta, dan Cempaka Putih-Ancol.

Dia mengatakan bahwa pemerintahan juga terus mendorong pengerjaan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. "Kereta cepat Jakarta-Bandung sudah diselesaikan dokumen dan perjanjian, sekarang lagi menyelesaikan persoalan tanah. Tahun 2018 akan dimulai dengan pekerjaan yang lebih intensif," jelas dia.

Pemerintah juga sedang melakukan studi pengembangan kereta semi cepat Jakarta-Surabaya, yang diharapkan dapat mulai dikerjakan pada awal 2019. "Jakarta-Surabaya kita sedang lakukan studi dimana kita ingin suatu kecepatan yang di bawah 6 jam atau kecepatan rata-rata 125-130," kata dia.

"Bapak wakil presiden kemarin memimpin rapat kami dengan Jepang dan kita harapkan awal 2019 awal pekerjaan akan dimulai. Sedangkan Makassar-Pare-pare sedang berlangsung secara bertahap dan kita akan selesaikan 2020 sampai 2021," tandasnya. [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini