Menengok teknologi canggih di wajah baru Stadion GBK

Jumat, 12 Januari 2018 18:36 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Gelora Bung Karno. ©2017 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) bakal diresmikan pada 14 Januari 2018 mendatang. Rencananya Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang langsung meresmikan stadion tersebut bertepatan dengan laga Indonesia versus Eslandia.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pelaksanaan Penataan Bangunan Strategis 2, Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR Kusworo mengatakan pasca renovasi terdapat banyak fasilitas yang ditambahkan pada Stadion Utama Gelora Bung Karno. Salah satunya akses internet.

"Ada tambahan Internet. Kita Stadion Utama GBK punya internet Broadband Wifi di seluruh stadion," ungkapnya kepada Merdeka.com di Jakarta, Jumat (12/1).

Untuk menjamin keamanan penonton, Stadion GBK juga akan dilengkapi dengan Automatic exit gate for emergency (pintu keluar darurat otomatis). "Sistem keamanan dilengkapi CCTV terbaik dengan spesifikasi 7K dan face recognition (pengenalan wajah)," jelas Kusworo.

Mengusung konsep Smart Stadion, GBK juga dilengkapi dengan sistem penyiram lapangan otomatis menggunakan limbah air hujan yang ditampung. GBK juga dilengkapi dengan Solar Panel dengan kapasitas 420 KWP yang terpasang pada atap.

Sedangkan area presidensial atau Royal Box pada Stadion Utama pasti lebih aman karena dilengkapi dengan bullet proof glass (kaca tahan peluru) sniper AW 10 caliber 7.62.

"Rumput kita menggunakan jenis Zoysia Matrella, itu sesuai standar lnternasional. Sistem drainase lapangan menjadi Iebih cepat dengan jarak saluran dari tiap 7m menjadi tiap 4 meter," tandasnya.

Diketahui total anggaran renovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno mencapai Rp 769,7 miliar. Ada pun proyek renovasi venue yang terdaftar sebagai bangunan cagar budaya ini digarap oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk dengan jangka waktu pelaksanaan 14 bulan. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini