Luhut Soal Mari Elka Pangestu Jadi Direktur Bank Dunia: Presiden yang Usulkan

Jumat, 10 Januari 2020 19:52 Reporter : Dwi Aditya Putra
Luhut Soal Mari Elka Pangestu Jadi Direktur Bank Dunia: Presiden yang Usulkan Luhut Panjaitan. ©2015 merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan angkat suara atas terpilihnya Mari Elka Pangestu sebagai Direktur Pelaksana Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan Bank Dunia. Menurutnya, secara kemampuan kehadirannya di Bank Dunia tidak perlu diragukan lagi.

"Bagus, bagus. Kan yang seleksi orang World Bank, dia yang terbaik, terpilih," kata Menko Luhut di Kantornya, Jakarta, Jumat (10/1).

Dia menjelaskan, masuknya nama Mari Elka Pangestu di jajaran direksi Bank Dunia juga atas campur tangan Presiden Joko Widodo. Menurutnya, Kepala Negara telah mengusulkan nama Mari untuk menjadi salah satu calon.

"Presiden yang usulkan," tandas dia.

1 dari 1 halaman

Penunjukkan Mari Elka Pangestu

Mari Elka Pangestu ditunjuk oleh Bank Dunia sebagai Direktur Pelaksana, Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan. Pengangkatannya berlaku efektif 1 Maret 2020 mendatang.

Penunjukan ini diumumkan Presiden Bank Dunia David Malpass seperti mengutip situs World Bank, Jumat (10/). Mari Pangestu dinilai memiliki keahlian kebijakan dan manajemen yang luar biasa.

Mari Elka pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan Indonesia periode 2004 hingga 2011. Serta sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dari 2011 hingga Oktober 2014.

"Kami sangat senang menyambut Mari ke Bank Dunia dengan peran baru bagi institusi ini," kata Malpass.

Dia mengatakan, pengalaman Mari sebagai menteri senior, kredensial yang diakui secara global serta ekonom dan peneliti, akan sangat bermanfaat bagi Grup Bank Dunia dalam mendukung luas pertumbuhan berbasis dan pengentasan kemiskinan.

Ditambah, pengalaman kepemimpinan Mari serta keterlibatannya dalam forum-forum internasional utama tentang masalah-masalah pembangunan. [azz]

Baca juga:
Mari Pangestu Jadi Direktur Bank Dunia Bakal Bawa Angin Segar ke RI
Bank Dunia Revisi Pertumbuhan Ekonomi Global, Sri Mulyani Mulai Waspada
Bank Dunia Tunjuk Mari Elka Pangestu Jadi Direktur Pelaksana
Jokowi Setuju Mantan Presiden Bank Dunia Berinvestasi di Indonesia
Sri Mulyani: SDM adalah Aset Penting Bagi Indonesia
Terparah Sejak 2015, Kerugian Kebakaran Hutan Indonesia 2019 Tembus Rp72,95 Miliar

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini