LPS Turunkan Suku Bunga Penjaminan Simpanan 25 Bps Menjadi 6,75 Persen

Selasa, 30 Juli 2019 16:23 Reporter : Anggun P. Situmorang
LPS Turunkan Suku Bunga Penjaminan Simpanan 25 Bps Menjadi 6,75 Persen LPS. ©2018 Liputan6.com

Merdeka.com - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) akan mengikuti langkah Bank Indonesia menurunkan suku bunga penjaminan simpanan sebesar 25 bps. Pengumuman resmi mengenai penurunan suku bunga tersebut akan disampaikan besok, Rabu (31/7).

Kepala Dewan Komisioner LPS, Halim Alamsyah, mengatakan suku bunga penjaminan untuk bank umum maksimal 6,75 persen dari sebelumnya 7 persen akan berlaku efektif mulai besok. Penurunan suku bunga ini diharapkan dapat berdampak langsung pada deposito perbankan.

"Nanti yang lebih lengkapnya besok ya teman-teman semua, namun dari sisi mekanisme pengalaman penurunan suku bunga pinjaman itu ada yang langsung dalam tempo 1, 2 minggu sudah menurunkan suku bunga depositonya," ujar Halim di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Selasa (30/7).

Meski demikian, Halim mengatakan, penurunan suku bunga penjaminan secara rata-rata baru dirasakan oleh nasabah setelah 3 bulan. "Secara rata-rata sampai dengan 3 bulan seluruh penurunan 25 basis poin akan diserap oleh penurunan suku bunga deposito," jelasnya.

Saat ini suku bunga simpanan relatif stabil dan diikuti oleh melandainya suku bunga kredit yang juga sudah cenderung turun. Oleh karena itu, secara keseluruhan penurunan suku bunga LPS ini bisa mendorong penurunan suku bunga deposito. [bim]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. LPS
  3. Perbankan
  4. Ekonomi Indonesia
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini