Kopi Kenangan Raih Suntikan Modal dari Jay-Z Hingga Serena Williams

Selasa, 24 Desember 2019 19:30 Reporter : Merdeka
Kopi Kenangan Raih Suntikan Modal dari Jay-Z Hingga Serena Williams CEO dan Co-Founder Kopi Kenangan Edward Tirtanata. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Kopi Kenangan mendapatkan tambahan modal dari Arrive, anak usaha dari Roc Nation milik penyanyi rap Amerika Serikat (AS) Jay-Z. Roc Nation ikut berpartisipasi dalam pendanaan Seri A yang sudah diterbitkan Juni lalu.

Selain itu, investor lain datang dari Serena Ventures milik petenis Serena Williams, pebasket Caris LeVert, serta CEO dan pendiri Sweetgreen Jonathan Neman. Sejauh ini, pemberi dana terbesar Seri A berasal dari Sequoia India, yaitu sebanyak USD 20 juta atau setara Rp 279,835 miliar (asumsi Rp 13.991 per USD).

Salah satu Pendiri dan Presiden Arrive, Neil Sirni, mengatakan pihaknya merasa terinspirasi oleh keuletan, visi dan kemampuan Kopi Kenangan dalam menjalankan bisnis.

"Hanya dalam dua tahun, mereka berhasil meluaskan jaringan mereka ke 18 kota, memiliki 200 gerai dan mempekerjakan 1.800 pegawai. Kami bangga dapat menjadi investor dan mitra Kopi Kenangan dalam upaya mereka memperkenalkan kopi khas Indonesia ke dunia," kata dia dalam keterangan resminya, Selasa (24/12).

Tahun lalu, Kopi Kenangan hanya mengelola 16 toko dan menyajikan beberapa ribu gelas kopi per hari. Perusahaan menorehkan pertumbuhan pendapatan sebanyak 20 kali lipat, sejak menerima pendanaan seed round yang dipimpin Alpha JWC tahun lalu.

Saat ini, Kopi Kenangan telah memiliki lebih dari 200 gerai secara nasional dan menyajikan lebih dari tiga juta gelas kopi per bulan. Secara rata-rata, perusahaan membuka lebih dari satu gerai per hari.

CEO dan Pendiri Kopi Kenangan Edward Tirtanata mengungkapkan Kopi Kenangan berencana untuk menambah lebih dari seribu gerai dalam dua tahun ke depan dan berekspansi ke Asia Tenggara.

"Kami ingin membangun brand yang legendaris dan kami sangat senang dapat bekerja bersama para investor dan penasihat baru kami yang telah sukses membangun waralaba konsumen global di bidang olahraga, hiburan, makanan dan minuman, serta teknologi," kata Edward.

Edward mengatakan Kopi Kenangan telah bertumbuh begitu pesat sejak bisnis ini dimulai dua tahun lalu. "Dan kami ingin terus belajar, serta meningkatkan layanan dan produk kami untuk memenuhi harapan pelanggan kami di Indonesia dan negara lain," ujarnya.

Menurut Nielsen Company, Kopi Kenangan telah melakukan pencapaian luar biasa, dengan merek kopi top-of-mind awareness nomor satu untuk kategori Kopi Susu dan merek nomor dua setelah jaringan kopi international untuk kategori kopi umum.

1 dari 1 halaman

Merek Favorit Kopi Kenangan

kopi kenangan rev1

Minuman 'Es Kopi Kenangan Mantan' menjadi favorit pelanggan dan mengangkat perusahaan menjadi merek teratas untuk kategori Kopi Susu yang paling laku terjual.

Kopi Kenangan dikenal sebagai salah satu pionir yang memperkenalkan Kopi Susu khas Indonesia ke konsumen dalam negeri dengan harga terjangkau, serta lokasi gerainya mudah dicapai dan dapat dinikmati setiap hari.

"Dengan penuh kerendahan hati, kami sangat senang dapat mencapai tonggak sejarah penting dalam proses perjalanan kami selama dua tahun ini," ujar salah satu Pendiri dan Chief Marketing Officer, Cynthia Chareunnisa.

"Kami menyadari pencapaian ini adalah hasil dari usaha bersama para Teman Mantan, baik itu barista, pegawai, mitra, pemilik saham dan terutama pelanggan kami yang telah membuat kami menjadi merek terpopuler untuk kategori Kopi Susu," lanjutnya.

Reporter Magang: Nurul Fajriyah

[bim]

Baca juga:
CEO Kopi Kenangan Edward Tirtanata: Kopi Berkualitas Tak Harus Mahal
Jurus Kopi Kenangan Gaet Pelanggan: Pertahankan Harga yang Tak Bikin Kantong Bolong
Alasan Kopi Kenangan Tak Masuk Bisnis Waralaba

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini