Kevin O'Leary Soal Nasihat Sang Ibu: Jadilah Pebisnis yang Jujur

Rabu, 17 Maret 2021 07:00 Reporter : Siti Nur Azzura
Kevin O'Leary Soal Nasihat Sang Ibu: Jadilah Pebisnis yang Jujur Kevin OLeary. ©businessinsider.co.id

Merdeka.com - Kevin O'Leary, investor di "Shark Tank" ABC, dikenal sebagai orang yang blak-blakan, dan kadang terkesan kasar. Meski demikian, hal itu merupakan sesuatu yang dia pelajari dari ibunya, Georgette.

Dia mengatakan, sangat mudah untuk berbohong kepada orang lain untuk menjaga situasi tetap terkendali. Meski demikian, Georgette justru menyuruhnya untuk selalu berkata jujur apapun keadaannya.

"Dia mengatakan kepada saya, 'Jika Anda tidak pernah berbohong kepada siapa pun, meskipun sulit untuk mengatakan yang sebenarnya, Anda tidak perlu mengingat apa yang Anda katakan, dan Anda tidak pernah terjebak dalam kebohongan," kata O'Leary dilansir CNBC Make It.

"Maksud ibu saya adalah, mengapa tidak mengatakan yang sebenarnya, meski harus bermasalah saat ini. Tapi kemudian Anda tidak perlu merasakan asalah lagi. Situasi memang tidak terkendali karena Anda ingin jujur dan orang akan menghormati Anda untuk itu."

O'Leary mengatakan, dia harus mempelajari ini dengan cara yang sulit. Dan saat ini, O'Leary berbagi saran yang sama dengan anak-anaknya yang sudah dewasa, Trevor dan Savannah. Dia juga terus mengikuti nasihat ibunya sebagai pengusaha dan investor dengan sangat jujur, bahkan ketika itu sulit.

"Karena sekali Anda terjebak dalam kebohongan, Anda tidak akan pernah bisa mendapatkan kembali ekuitas itu. Jika seorang pasangan mendatangi Anda dan ingin mengetahui sesuatu dan Anda berbohong kepada mereka, Anda akan tertangkap dan mereka akan kehilangan kepercayaan pada Anda selamanya," katanya.

Dia juga bercerita pernah mendapat banyak masalah di Shark Tank karena kejujurannya. Pria yang dijuluki sebagai Mr. Wonderful oleh Barbara Corcoran ini mendapat masalah setelah dia memberikan kritik yang sangat keras pada acara itu.

"Saya mengatakan yang sebenarnya. Ketika bisnis benar-benar payah, saya memberi tahu mereka bahwa itu menyebalkan. Mereka tidak suka mendengarnya."

Namun, bersikap terbuka bukanlah satu-satunya hal yang diajarkan ibu O'Leary kepadanya. Dia mengatakan, ibunya mengajarinya banyak hal tentang bisnis dan cara berinvestasi. Ibunya mulai berinvestasi pada usia yang sangat muda dan dia mengajari juga mengajari O'Leary. [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini