KemenPAN Akui Tak Semua Eselon 3 dan 4 Dihapus

Sabtu, 30 November 2019 14:30 Reporter : Merdeka
KemenPAN Akui Tak Semua Eselon 3 dan 4 Dihapus PNS. www.pdk.or.id

Merdeka.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) kini tengah menyiapkan rancangan penyederhanaan struktur untuk eselon 3 dan 4, serta menggantikannya dengan Artificial Intelligent (AI) atau robot. Namun, tidak semua jabatan yang berpangkat eselon 3 dan eselon 4 ini nantinya akan berganti status menjadi fungsional.

Sekretaris Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian PANRB, Eddy Syah Putra, mengatakan sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan Menteri PANRB Tjahjo Kumolo kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah (pemda), tak semua jabatan eselon 3-4 yang bersifat administrator dan pengawasan akan dirampingkan.

"Tapi ada juga yang sesuai dengan kewenangan dan otoritasnya itu masih ditetapkan. Misalnya kepala kantor camat, lurah, itu memang tidak ada perampingan. Itu tetap," jelas dia dalam sesi Media Gathering Kementerian PANRB di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, dikutip Sabtu (30/11).

Eddy meneruskan, Kementerian PANRB saat ini sedang memetakan mana saja jabatan-jabatan yang bisa dilakukan perampingan, dan mana saja jabatan yang tetap dipertahankan.

"Tinggal berkoordinasi dengan pak Menteri (Tjahjo). Karena sesuai dengan surat edaran yang kita sampaikan, bahwa (kita) masih sangat cukup berhati-hati dalam mencoba memilah dan memilih mana yang bisa dan mana yang tidak," ungkapnya.

"KemenPAN sendiri kalau dalam surat edaran itu masih memungkinkan ada struktur yang masih bisa dipertahankan sesuai dengan kewenangan yang ada. Tapi apakah nanti pak Menteri sesuai dengan yang beliau sampaikan, bahwa itu semuanya dirampingkan, itu belum dapat disampaikan karena pertimbangan masih di pak Menteri," tambahnya.

Untuk penyederhanaan eselonisasi ini, pihak Kedeputian Sumber Daya Manusia Aparatur (SDMA) Kementerian PANRB disebutnya sudah mengirimkan surat kepada kementerian/lembaga dan pemda untuk segera menata eselon mana saja yang bisa dilakukan perampingan.

"Mudah-mudahan nanti setelah ada dengan berbagai pertimbangan bisa mempercepat proses evaluasi dengan KemenPAN," pungkas dia.

1 dari 1 halaman

Beda dengan Jokowi, Sri Mulyani Sebut Eselon III dan IV Tak Bisa Hilang

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana memangkas birokrasi yang dinilai kurang penting. Salah satunya, memangkas jabatan eselon III dan IV dengan mengganti dengan artificial intelligence (AI) atau teknologi kecerdasan buatan (robot).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, sejalan dengan permintaan Presiden Jokowi menghilangkan posisi eselon III dan IV pihaknya sudah melakukan penyederhanaan eselon. Meski demikian, dia menegaskan, tak akan menghilangkan posisi eselon III dan IV.

"Eselon III, IV kan yang merupakan fungsi yang melayani atau yang memegang satker itu tidak dihilangkan, karena itu tidak dimungkinkan dalam bentuk fungsional. Jadi ini sesuai juga dengan arahan dari Kemenpan-RB. Jadi tak seluruh eselon III dan IV memang hilang tapi yang memang dia memiliki fungsi pelayanan dan satker dia masih akan dipertahankan," ujarnya di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Jumat (29/11).

Terkait penggantian eselon III dan IV dengan robot, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut, masih mengkaji secara mendalam. Menurutnya, rencana tersebut harus dilakukan dengan hati-hati agar eselon yang dialihfungikan tetap bekerja sesuai dengan kemampuannya.

"Nanti kita lihat, kan fungsi-fungsi tertentu artinya yang penting yang disampaikan Presiden bagaimana mereka bisa berfungsi secara baik sesuai dengan tugas birokrasi, atau policy making process itu yang harus jadi fokus kita," jelasnya.

"Kita terus memperbaiki baik struktur layer nya maupun fungsinya mereka seperti yang saya sampaikan tadi harus diukur jangan sampai kemudian mereka pindah tapi kemudian tidak ada kinerja atau kontribusinya yang bisa diukur," tandasnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana
Sumber: Liputan6.com

[bim]

Baca juga:
Beda dengan Jokowi, Sri Mulyani Sebut Eselon III dan IV Tak Bisa Hilang
Presiden Jokowi Perintahkan Layanan Eselon III & IV Diganti dengan Kecerdasan Buatan
Pekan Depan, Kementerian BUMN akan Umumkan Deputi Baru
Hapus Eselon I, Kementerian BUMN Bakal Punya Irjen
Erick Thohir Dinilai Berani Hapus Semua Jabatan Eselon I
Alasan di Balik Pemangkasan Eselon BUMN Oleh Menteri Erick Thohir
Tjahjo Kumolo: Perampingan Birokrasi Ide Kementerian BUMN

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini