Jadi Wadirut Pelindo II, Hambra Samal Siapkan Holding Pelindo

Selasa, 19 November 2019 20:51 Reporter : Merdeka
Jadi Wadirut Pelindo II, Hambra Samal Siapkan Holding Pelindo Pelabuhan. ©2013 Merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Elvyn G Masassya membenarkan, mantan Deputi Infrastruktur Bidang Bisnis Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Hambra Samal akan menjadi Wakil Direktur (Wadirut) Pelindo II.

"Ini tentunya memberi nilai tambah pada perusahaan. Salah satu tugasnya menyiapkan holding Pelindo," ungkap Elvyn di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (19/11).

Penunjukkan wadirut ini ditetapkan melalui Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Selaku Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pelindo II dengan Nomor SK-272/MBU/11/2019 tentang Pengangkatan Wakil Direktur Utama Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pelindo II, tertanggal 18 November 2019.

Dengan bergabungnya wadirut ke dalam tubuh Pelindo II, diharapkan terjadi peningkatan kinerja yang lebih baik. Dia menjelaskan, tugas yang akan diemban Hambra sebagai wadirut menyiapkan rencana holding Pelindo.

"Bergabungnya wadirut yang memiliki pengalaman profesional tentu akan memperkuat formasi direksi dalam mewujudkan IPC sebagai pengelola pelabuhan kelas dunia dan pelabuhan sebagai fasilitator perdagangan. Salah satu tugas bapak Hambra nanti menyiapkan rencana holding Pelindo," imbuhnya.

1 dari 1 halaman

Sosok Hambra Samal

Hambra Samal lahir di Ketapang, Maluku, pada 10 Oktober 1968. Dia memperoleh gelar sarjana S1 Ilmu Hukum dari Universitas Pattimura Ambon, serta meraih gelar S2 Magister Hukum Bisnis dari UGM.

Hambra Samal pernah menjabat sebagai Deputi Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN dan juga mengisi posisi sebagai Wakil Komisaris Utama Bank BNI.

Sebelumnya, Kementerian BUMN mengumumkan Surat Keputusan tentang pergantian eselon satu Kementerian BUMN telah ditandatangani. Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga mengatakan bahwa SK pergantian sudah mulai jalan sehingga para pelaksana tugas atau Plt sudah bisa bekerja mulai besok.

Para deputi ini dipastikan nantinya akan mengisi posisi direksi BUMN. Tujuan pergantian para deputi tersebut supaya mereka mengalami penyegaran, baik mereka secara pribadi maupun perusahaan BUMN-nya sendiri. Selama ini deputi tersebut sudah banyak memberikan pengawasan dan mendorong perusahaan-perusahaan BUMN selama lima tahun lebih.

Arya juga mengatakan bahwa untuk sementara tugas-tugas deputi Kementerian BUMN akan ditangani oleh wakil menteri dan Plt Deputi. Posisi Plt Deputi sendiri akan diisi oleh Asisten Deputi.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6.com [azz]

Baca juga:
Pesawat Buatan Indonesia Terbang di Langit Nepal
Jiwasraya Bakal Bentuk Lembaga Penjamin Polis, Ini Tantangannya
Sekjen PDIP Tegaskan Ahok Tak Perlu Keluar Partai Jika Jadi Bos BUMN
Pefindo Turunkan Peringkat Utang Semen Indonesia jadi idAA
Erick Thohir Surati Bos Jasa Marga agar Penuhi Panggilan KPK
Kementerian BUMN Bawa Kasus Jiwasraya ke Kejaksaan Agung

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini