Ini kata bos BI soal peringkat investment grade dari Fitch Rating

Jumat, 21 Juli 2017 18:41 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Ini kata bos BI soal peringkat investment grade dari Fitch Rating Agus Martowardojo diperiksa KPK. ©2016 Merdeka.com/Muhammad Luthfi Rahman

Merdeka.com - Lembaga pemeringkat Fitch Ratings (Fitch) kembali mengafirmasi peringkat Indonesia pada level layak investasi (Investment Grade) pada 20 Juli 2017. Fitch memberikan afirmasi atas Sovereign Credit Rating Republik Indonesia pada level BBB-/positive outlook.

Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo mengatakan afirmasi tersebut justru menjadi pendorong bagi Indonesia untuk mencapai peringkat yang lebih baik lagi.

"Kalau outlooknya positif artinya dia sudah enam bulan memberikan kriteria positif. Artinya enam bulan ke depan kalau kita bisa teruskan reformasi struktural kita itu malah kita bisa menaikkan lagi rating kita di Fitch," ungkapnya di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta Pusat, Jumat (21/7).

Untuk itulah, Mantan Menteri Keuangan ini mengaku pemerintah akan terus melakukan koordinasi dan peningkatan di berbagai sektor supaya Indonesia boleh tampil lebih meyakinkan dan naik peringkat.

"Saya ingin sampaikan, pemerintah dengan Bank Indonesia, kita terus berkoordinasi. Hari ini, saya koordinasi lagi dengan pak Menko perekonomian, kita diskusi lagi tentang inflasi. Kita meyakinkan Indonesia mau mengarah kepada kondisi inflasi yang rendah dan stabil," pungkasnya. [sau]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini