Ini aksi tanggap darurat Kementerian PUPR tangani gempa Lombok

Senin, 27 Agustus 2018 20:45 Reporter : Dwi Aditya Putra
Ini aksi tanggap darurat Kementerian PUPR tangani gempa Lombok gempa lombok. ©2018 liputan6.com

Merdeka.com - Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Danish H Sumadilaga mengatakan, pihaknya sudah melakukan penanganan terhadap sejumlah infrastruktur yang rusak akibat gempa di Nusa Tenggara Barat (NTB). Tujuannya untuk memastikan infrastruktur pasca gempa Lombok di NTB bisa berjalan normal kembali.

"Pada saat tanggap darurat kami Kementerian PUPR nomer satu adalah kami memastikan infrastruktur PU terutama jalan, jembatan dan sebagiannya itu berfungsi," kata Danish dalam Forum Merdeka Barat, di Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Senin (27/8).

Danish menyebut, ada sekitar 12 jembatan yang saat itu telah teridentifikasi mengalami kerusakan. Dengan sigap, pihaknya langsung melakukan penanganan tersebut terlebih untuk perbaikan. "Itu langsung kami perbaiki. Ada titik longsor dan sebagiannya juga langsung kami perrbaiki itu tugas yang kami lakukan oleh Kementerian PUPR," imbuh dia.

Selain itu, sejumlah bendungan yang menjadi proyek Kementerian PUPR juga tak luput dilakukan pengecekan lebih lanjut guna memastikan tidak ada kerusakan yang berarti. "Kedua kami ngemecek ada bendungan besar di NTB semua aman. Juga tidak ada kerusakan berarti sampai saat ini aman," ujarnya.

Danish menambahkan, selain infrastruktur, hal lain yang dilakukan pihaknya adalah menyediakan kebutuhan air bersih. Sebab, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Provinsi NTB tidak berfungsi akibat pipa-pipa air tersebut telah mengalami kerusakan.

"Ketiga adalah bahwa memang proses bencana selalu dibutuhkan adalah air. Kemudian air bersih kami membuka namanya sumur air tanah di 50 titik besarannya kurang lebih berfariasi 10 liter sampai 20 liter per detik. Artinya dalam kapasitas 4 ribu liter mengisi tengki dalam 10 menit itu penuh. Itu kami sudah berhasil menghidupkan mesin generator agar air keluar," sebutnya.

"Kami langsung distribusikan air bersih kepada masyarakat total sudah ada 25 mobil tengki air kami distribusikan untuk membawa air bersih," sambung Danish. [azz]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini