Industri Paling Berperan Menuju Pertumbuhan Ekonomi 6 Persen

Senin, 27 Mei 2019 16:26 Reporter : Anggun P. Situmorang
Industri Paling Berperan Menuju Pertumbuhan Ekonomi 6 Persen Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo pertumbuhan ekonomi. ©2017 Merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Wakil Menteri Keuangan, Mardiasmo, membeberkan strategi untuk dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia pada angka 6 persen. Menurutnya, sektor pertanian dan manufaktur merupakan kunci yang paling penting disamping sektor jasa.

"Untuk bisa mencapai pertumbuhan di atas 6 persen, ini ada beberapa persyaratan dan bagaimana kita bisa meningkatkan terutama di sektor pertanian dan manufaktur bisa seperti yang sektor jasa," ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Senin (27/5).

Apabila pertanian dan manufaktur berhasil didorong serta berkembang dengan baik maka gini rasio yang selama ini cukup besar dapat diperkecil. Meski demikian, butuh daya saing yang cukup mumpuni agar pertanian dan manufaktur bergeliat.

"Pertumbuhannya meningkat tapi juga di sektor primer dan manufaktur ini ikut berkembang naik sehingga gini rasio bisa terangkat dengan baik. Ini mau tidak mau kita melihat mana saja yang jadi tumpuan kita, terutama produktivitas dan daya saing itu," jelas Mardiasmo.

Dia melanjutkan, kondisi tersebut pun sudah dipetakan oleh pemerintah. Pemerintah saat ini tengah menyelesaikan peraturan mengenai pendidikan vokasi untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

"Ini barangkali bagaimana kita bisa memperbaiki produktivitas, membangun infrastruktur dan SDM, bagaimana melakukan industrialisasi dan reindustrialisasi jadi ekspor base industri ditingkatkan. Jadi pertumbuhan ekonomi bagaimana kita ke depan bisa mendorong industri yang bisa mengekspor," tandasnya.

[bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini