Indonesia Bakal Jadi Hub Industri Otomotif Dunia

Selasa, 12 Februari 2019 20:48 Reporter : Merdeka
Indonesia Bakal Jadi Hub Industri Otomotif Dunia Menperin Airlangga di Yogyakarta. Cahyo ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyatakan, Indonesia akan memiliki peran penting dalam pengembangan industri otomotif di kawasan Asia, bahkan dunia. Bahkan Indonesia disebut mempunyai kawasan industri otomotif seperti Detroit di Amerika Serikat (AS).

Airlangga mengungkapkan, Indonesia akan menjadi hub industri manufaktur khususnya di sektor otomotif. Dalam hal ini, Indonesia bersaing dengan negara industri lain, yaitu India.

"Indonesia sudah akan menjadi hub industri manufaktur. Mungkin kita yang terdekat saingan kita itu ke India. Jadi Indonesia dan India akan menjadi hub industri otomotif," ujar dia di Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (12/2).

Bahkan Indonesia dinilai mempunyai kawasan industri otomotif yang menyamai kota industri otomotif di Negeri Paman Sam. Kawasan industri tersebut berada di Bekasi, Karawang dan Purwakarta.

"Kita punya yang namanya Detroit-nya Indonesia itu di Karawang, Bekasi, Purwakarta. Dan itu strukturnya sudah dalam, mulai tier 1, tier 2, tier 3. Dan investasi di sektor otomotif akan terus bertambah," kata dia.

Untuk ekspor, Indonesia juga punya potensi besar untuk menjual kendaraan ke negara lain. Salah satu pasar potensial produk mobil Indonesia yaitu Australia.

"Kami lagi menunggu dari Pak Enggar (Menteri Perdagangan) CEPA dengan Australia. Kalau terbuka, maka ada 1 juta pasar yang terbuka dan saya sudah bicara dengan principal-nya kalau IACEPA terbuka, jangan ekspor dari negara lain, ekspor dari Indonesia. Jadi harapannya, kapasitas kita bisa diutilisasi hingga 2 juta unit, ini dalam waktu 2-3 tahun bisa dipercepat ekspornya," tandas dia.

Reporter: Septian Deny

Sumber: Liputan6.com [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini