Gerbang Tol Cikarang Utama Dibongkar, Tarif Tol Jakarta-Cikampek Alami Penyesuaian

Jumat, 17 Mei 2019 00:52 Reporter : Merdeka
Gerbang Tol Cikarang Utama Dibongkar, Tarif Tol Jakarta-Cikampek Alami Penyesuaian Gerbang Tol Cikarang Utama. ©Liputan6.com/Arya Manggala

Merdeka.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat‎ (PUPR) akan membongkar Gerang Tol Cikarang Utama. Keputusan ini dipastikan akan berdampak pada penyesuaian tarif tol pada beberapa ruas.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Danang Parikesit mengatakan, penutupan Gerbang Tol Cikarang Utama membuat sistem pembayaran tol menjadi terbuka, sehingga untuk dari arah Cawang akan dikenakan penarikan pada pintu keluar. Sedangkan dari arah sebaliknya, ‎dikenakan pada pintu masuk tol.

"Saya dengan teman Jasa Marga bilang begini, boleh mengubah sistem transaksi tapi nggak boleh menambah keuntungan," kata Danang di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (16/5/).

Jasa Marga pun membagi empat wilayah dalam penetapan tarif dampak dari penutupan GT Cikarang Utama‎.

Direktur Operasional II PT Jasa Marga Subekti Syukur menyebutkan,‎ Wilayah 1 Jakarta- Pondok Gede Barat tarif tidak mengalami perubahan, untuk golongan 1 misanya dikenakan Rp1.500. Wilayah 2 Jakarta - Cikarang Barat dengan tarif golongan 1 Rp4.500.

Wilayah 3 Jakarta-Karawang Timur tarif golong I menjadi Rp12.000. Wilayah 4 Jakarta-Cikampek dikenakan tarif Rp15.000 untuk golongan I.

Atas kebijakan tersebut, maka untuk wilayah 3 mengalami dampak tarif menjadi lebih mahal. Seperti Jakarta - GT Cibatu dari sebelumnya Rp6.000 menjadi Rp12.000, GT Cikarang Barat- Cibatu dari Rp1.500 menjadi Rp12.0000, dan dari Cikarang Barat ke Cikarang Timur naik dari Rp2.500 menjadi Rp12.000.

"Implikasi ada penyesuaian tarif, dari Cawang hingga Pondok Gede timur Rp1.500 tetap. Setelah beroperasi Cikampek Utama dan Kalihurip jarak jauh sama Rp15.000, sedangkan hingga Gate Karawang Timur dari Rp10.500 jadi Rp12.000 ini saja yang mengalami perubahan," paparnya.

Gerbang Tol Cikarang Utama tidak lagi digunakan untuk transaksi mulai 23 Mei 2019, Pukul 00.00. Gerbang tersebut akan dibongkar secara bertahap. Sebagai gardu tol pengganti, Jasa Marga telah menyiapkan gardu baru yaitu di Kilometer (KM) 70 Cikampek dan KM 67 Kali Hurip, dengan demikian transaksi dilakukan di dua gardu tersebut.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com [idr]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini