Geger Virus Corona, Menko Luhut Tak Mau Buru-Buru Tetapkan Travel Warning

Selasa, 28 Januari 2020 20:59 Reporter : Anisyah Al Faqir
Geger Virus Corona, Menko Luhut Tak Mau Buru-Buru Tetapkan Travel Warning Luhut Panjaitan. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan memastikan bahwa Warga Negara Indonesia (WNI) di Wuhan- China dalam kondisi baik. Segala kebutuhan logistik tercukupi dan terpantau oleh pihak kedutaan Indonesia di tempat.

Hal itu diungkapkan setelah dia bertelepon dengan salah satu WNI yang saat ini terisolasi di Wuhan.

"Saya sudah bicara dengan mereka, enggak ada masalah, terisolasi ruangannya," kata Luhut di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Jakarta, Selasa (28/1).

Menurut Luhut, pemerintah tidak bisa melakukan pemulangan terhadap WNI di Wuhan lantaran kota tersebut sudah terisolasi. "Jadi bukan hanya kita saja, semua orang juga," imbuhnya.

Lantaran Wuhan sudah diisolasi, maka Luhut menyebut turis yang datang ke Indonesia bukan dari negara asal virus corona. Mereka datang dari kota yang tidak terdampak. Sehingga pemerintah tidak perlu terburu-buru menetapkan travel warning. Lagi pula, belum ada negara di dunia yang melakukan hal itu.

"Kita lihat, jangan terburu-buru, kita tunggu dengan cermat," ujar Luhut santai.

1 dari 1 halaman

Ingatkan Masyarakat Tetap Waspada

Hal terpenting kata Luhut, masyarakat tetap waspada dan senantiasa menjaga kebersihan. Misalnya dengan mencuci tangan dan menjaga imunitas tubuh agar tidak sakit.

Sebagai menteri Investasi, Luhut melihat kasus virus corona belum berdampak pada investasi yang masuk ke Indonesia. Dia melihat belum ada masalah yang muncul karena virus itu.

Namun, untuk mengetahui dampak secara nyata harus menunggu sampai dua pekan lagi. "Saya lihat sih belum terasa masalahnya sampai sekarang, kita lihat 2 minggu lagi," kata Luhut mengakhiri. [idr]

Baca juga:
Geger Virus Corona, Lion Air Batalkan & Setop Bertahap Rute Penerbangan Tujuan China
Virus Corona Merebak, Pasokan Buah Impor Asal China ke Solo Tetap Lancar
Imigrasi Catat Ada 358 WN China di Depok, Dinkes Sebar Surat Edaran ke RS
Ogah Ambil Risiko, Agen Travel di Solo Tutup Paket Wisata untuk WN China
Beredar Spekulasi Virus Corona Berasal dari Laboratorium Senjata Biologis China
Menko Airlangga Sebut Harga BBM Bisa Turun Sebagai Dampak Wabah Virus Corona

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini