Gaya Menteri Rini jadi pengrajin caping di Rumah Kreatif BUMN

Sabtu, 18 Agustus 2018 17:00 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Gaya Menteri Rini jadi pengrajin caping di Rumah Kreatif BUMN Menteri Rini Soemarno menyambangi Rumah Kreatif BUMN. ©2018 Merdeka.com/Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Menteri BUMN Rini Soemarno menyambangi Rumah Kreatif BUMN Jakarta Pusat, Sabtu (18/8). Dia menggunakan kesempatan ini untuk bertemu dan berbincang dengan para pelaku UMKM binaan BUMN.

Rini bahkan menyempatkan diri untuk menjajal beberapa proses kreasi UMKM yang sedang dibina. Salah satu jenis kerajinan tangan yang menarik hari Mantan Direktur Keuangan Astra Internasional ini adalah proses pembuatan Caping.

Pantauan Merdeka.com, dengan didampingi Direktur Utama PT Telkom (Persero) Alex Sinaga, Rini tampak serius bekerja dengan kuas dan bahan pewarna. Beberapa kali dia minta arahan pengrajin.

"Warna hitam, ada warna hitam," katanya lalu kembali mewarnai gambar pada caping tersebut.

Tidak hanya itu, Rini pun menyempatkan diri untuk menjajal metode pembayaran kekinian yang menggunakan QR code. "Bagaimana (caranya pembayaran)," ujarnya.

Alhasil, setelah mendapatkan penjelasan dari stafnya, Rini kemudian terlihat membeli 2 botol minuman. "Rp 20.000. Bayar," kata Rini.

Para pelaku UKM yang sedang dibina pun antusias. Beberapa kali terdengar celetukan warga binaan RKB, yang intinya minta dukungan pemerintah.

"Ini amanah ya Bu. Sehingga kita yang kecil-kecil ini bisa berdaya. Saya minta pelatihan bagus, jangan tanggung-tanggung," pinta salah satu pelaku UMKM.

Menanggapi aspirasi ini, Rini menegaskan komitmen BUMN untuk pemberdayaan usaha kecil. RKB, adalah wadah bagi pelaku usaha kecil untuk meningkatkan skill dan juga memasarkan produknya.

"Memang rumah kreatif BUMN sinergi semua BUMN. Di sini BRI dan Telkom, tapi memang tanggung jawab pemasaran itu Telkom," tegas dia.

Dia mengharapkan pelaku usaha binaan BUMN dapat naik kelas dan lebih mampu ketika memasuki pasar. "Masalahnya, terutama kuliner, lemah dalam pengawet dan packaging. Itu yang penting agar masyarakat yakin ini sehat, dan higienis. Mudahan-mudahan yang sudah di bina oleh BUMN memang bagus," tandasnya. [azz]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini