Dorong Industri Kopi, Pemerintah Akan Revitalisasi BLK di Lampung Barat

Selasa, 15 Oktober 2019 18:39 Reporter : Dwi Aditya Putra
Dorong Industri Kopi, Pemerintah Akan Revitalisasi BLK di Lampung Barat Kopi. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan, Bambang Satrio Lelono mengatakan, pihaknya akan merevitalisasi Balai Latihan Kerja (BLK) di daerah Lampung Barat. Ini bertujuan untuk memaksimalkan potensi di sektor kopi yang berada sekitar wilayah tersebut.

"Kami lihat potensi wilayahnya, dan akan kembangkan kopi karena ada berbagai jenis kopi di sana," ujarnya saat ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (15/10).

Dia menyebut, saat ini di bawah Kemenaker ada satu BLK di Lampung Barat yang dilakukan revitalisasi agar memenuhi standar. Di sisi lain, pemanfaatan potensi perkopian ini juga melibatkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang akan mengembangkan Sekolah Menengah Kejuruan di sana.

"Jadi kamu sudah sepakat untuk kembangkan perkopian di sana, tapi memang lebih banyak ke SMK," katanya.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan bahwa pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 4,3 triliun untuk revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) seluruh Indonesia. Hingga kini sudah ada sekitar 14.000 SMK yang tersebar di berbagai wilayah.

"(Anggaran revitalisasi) sekitar Rp4,3 triliun. Sebetulnya masih jauh dari target karena jumlah SMK kita 14.000," ujar Muhadjir saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (7/10).

Revitalisasi SMK nantinya akan dilakukan secara bertahap. Pengerjaan tahun ini dilakukan untuk 300 SMK. "Tahun ini 300 SMK, tahun depan 550 SMK. Tahun 2024, 5000. Bertahap sesuai dengan kemampuan anggaran," paparnya.

Muhadjir berharap ke depan jumlah SMK akan diperbanyak dari pada jumlah Sekolah Menengah Atas (SMA). Hal tersebut dilakukan untuk memenuhi permintaan dunia kerja. [azz]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini