Lapor Jokowi Soal Dana Penanganan Covid-19, BPK Temukan Ada yang Tak Sesuai Ketentuan

Jumat, 25 Juni 2021 11:17 Reporter : Merdeka
Lapor Jokowi Soal Dana Penanganan Covid-19, BPK Temukan Ada yang Tak Sesuai Ketentuan antisipasi virus corona. ©2020 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Ketua Badan Pengawas Keuangan (BPK) Agung Firman Sampurna membacakan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) dan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) II di Istana Negara.

Meskipun LKPP dan IHPS II mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan terkait pengelolaan keuangan negara, terutama menyangkut penanganan program Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN).

Pertama, pemerintah belum menyusun mekanisme pelaporan kebijakan keuangan negara untuk menangani dampak pandemi Covid-19 pada LKPP dalam rangka implementasi Pasal 13 Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2020.

"Lalu, realisasi insentif dan fasilitas perpajakan dalam PCPEN minimal Rp 1,69 triliun tidak sesuai dengan ketentuan," ujar Agung, Jumat (25/6).

Lalu, pengendalian dan pelaksanaan program belanja PCPEN sebesar Rp 9 triliun pada 10 KL tidak memadai. Penyaluran belanja subsidi bunga KUR dan non KUR serta belanja lain-lain Kartu Prakerja juga belum memperhatikan kesiapan pelaksanaan program sehingga terdapat sisa dana Rp 6,77 triliun.

Masalah lainnya ialah realisasi pengeluaran pembiayaan tahun 2020 sebesar Rp 28,75 triliun tidak dilakukan secara bertahap sesuai kesiapan dan jadwal kebutuhan penerima akhir investasi. "Pemerintah belum selesai mengidentifikasi pengembalian belanja atau pembiayaan PCPEN tahun 2020 di tahun 2021 sebagai sisa dana SBN PCPEN tahun 2020 dan kegiatan PCPEN tahun 2020 yang dilanjutkan di 2021," kata Agung.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Jokowi Bersyukur LKPP Raih Opini WTP: Pencapaian Baik di Tengah Tahun yang Berat
Kemenkop UKM Sudah Tindaklanjuti Temuan BPK Soal Penerima BPUM Tak Tepat Sasaran
BPK Temukan 6 Masalah dalam Program Penanganan Covid-19 dan PEN 2020
Kapolri Gandeng Auditor Cegah Kebocoran Negara Akibat Korupsi
Utang Membengkak, BPK Khawatirkan Kemampuan Bayar Pemerintah Menurun

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. BPK
  3. Covid 19
  4. Presiden Jokowi
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini