Bocoran Kebijakan Tarif Cukai Rokok di 2022

Senin, 16 Agustus 2021 18:45 Reporter : Dwi Aditya Putra
Bocoran Kebijakan Tarif Cukai Rokok di 2022 Rokok. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Pemerintah Jokowi menargetkan penerimaan cukai dalam RAPBN 2022 besar Rp203,92 miliar. Angka ini naik 11 persen dari outlook tahun 2021. Adapun kenaikan cukai akan disokong oleh rencana kenaikan tarif cukai hasil tembakau di tahun ini.

"Eskalasi kebijakan tarif cukai hasil tembakau dengan tetap mempertimbangkan empat pilar yakni pengendalian, penerimaan, tenaga kerja, dan dampak ke rokok ilegal," tulis dokumen Buku II Nota Keuangan beserta APBN Tahun Anggaran 2022, dikutip merdeka.com, Senin (16/8).

Meski belum ditetapkan kisaran besaran kenaikan cukai rokok di tahun depan, namun kenaikan tarif cukai hasil tembakau akan mendorong penerimaan di tahun depan. Selain melalui peningkatan tarif CHT, pemerintah juga akan melakukan ekstensifikasi barang kena cukai (BKC) di tahun depan.

"Selain itu, memperhatikan kebijakan instensifikasi dan ekstensifikasi cukai terutama melalui pemberlakuan pengenaan cukai produk plastik," tulis dokumen tersebut

Sebagai gambaran, untuk tahun ini, pemerintah memutuskan untuk menaikkan tarif CHT secara rata-rata sebesar 12,5 persen. Namun juga untuk tarif cukai rokok jenis sigarete kretek tangan (SKT) tidak naik, karena pemerintah mempertimbangkan aspek tenaga kerja di sektor tersebut.

Tak hanya itu, pemerintah menyebut penerimaan kepabeanan dan cukai dalam periode 2017-2019 mengalami pertumbuhan rata-rata sebesar 5,3 persen per tahun.

Penerimaan cukai menjadi kontributor utama sekaligus mencatat pertumbuhan paling signifikan sebagai dampak kebijakan realaksasi pelunasan pemesanan pita cukai rokok dan kebijakan penyesuaian tarif pita cukai rokok.

Kemudian bea masuk dan bea keluar juga mampu tumbuh di tengah ketidakpastian global yang mempengaruhi perdagangan internasional.

Baca juga:
Upaya Pemerintah Kendalikan Konsumsi Rokok di Indonesia, Salah Satunya Lewat Cukai
Geledah Truk Pengangkut Ambulans di Tegal, Bea Cukai Temukan 224 Ribu Rokok Ilegal
Penyederhanaan Struktur Cukai Penting untuk Optimalkan Pendapatan Negara
Ini Pertimbangan Pemerintah Naikkan Tarif Cukai Rokok di 2022
Terdampak Pandemi, Pengusaha Rokok Harap Tak Ada Kenaikan Cukai di 2022
Penyederhanaan Tarif Cukai Tembakau Disebut Bakal Tambah Penerimaan Negara
GAPPRI Sebut Penyederhanaan Tarif Cukai Ancam Keberlangsungan IHT Dalam Negeri

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini