BJ Habibie, Pribadi yang Anti Subsidi Energi

Kamis, 12 September 2019 13:57 Reporter : Merdeka
BJ Habibie, Pribadi yang Anti Subsidi Energi BJ Habibie. © KapanLagi.com/Agus Apriyanto

Merdeka.com - Indonesia tengah berduka karena kehilangan salah satu sosok yang berjasa dan berprestasi. Presiden ketiga Republik Indonesia BJ Habibie menghembuskan napas terakhirnya pada Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

Di masanya, B.J. Habibie dikenal sebagai sosok yang memiliki pandangan yang sangat reformis. Dikutip dari buku Reformasi: Visi dan Kinerja BJ Habibie, pandangannya yang reformis membuat dirinya menjadi pribadi yang anti subsidi energi.

Saat menjadi presiden, pandangan BJ Habibie di sektor energi lebih menekankan pada bagaimana seharusnya mekanisme pasar bekerja. Akibatnya, beliau tidak menyukai adanya subsidi pada bahan bakar minyak (BBM). Pun, subsidi di sektor listrik.

Pada saat itu, BJ Habibie dan Departemen Pertambangan dan Energi menyusun skema agar dapat menghapuskan subsidi BBM secara bertahap dan bergantian. Tujuannya adalah tidak akan ada lagi subsidi BBM pada 2003.

Pandangan BJ Habibie saat itu dianggap sangat visioner bila dibandingkan dengan para elit politik dan birokrasi lainnya. Sebab, upaya penghapusan subsidi tersebut guna menciptakan pasar yang mampu bersaing di sektor listrik.

Salah satu prasyarat agar dapat bersaing di sektor kelistrikan adalah mengikuti market forces mechanism. Menurutnya pada saat itu, jika terjadi subsidi pada bahan baku primer, energi sekunder atau listrik akan terdistorsi.

Saat menjabat sebagai Presiden, BJ Habibie sangat terbuka dan menerima penerapan mekanisme pasar di sektor energi. Beliau pun tidak khawatir akan dampak negatif globalisasi yang ditimbulkan.

Meskipun orang yang konservatif akan berpikir bahwa energi adalah barang yang harus diproteksi. Hal ini yang menjadikan BJ Habibie sebagai sosok yang cerdas dan visioner di masanya.

Reporter Magang: Rhandana Kamilia

Baca Selanjutnya: BJ Habibie Pemberi Nama Pertama...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini