BI siapkan Rp 193,9 triliun penuhi kebutuhan uang Natal dan Tahun Baru 2018

Kamis, 14 Desember 2017 20:25 Reporter : Anggun P. Situmorang
BI siapkan Rp 193,9 triliun penuhi kebutuhan uang Natal dan Tahun Baru 2018 Rupiah. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Bank Indonesia (BI) mempersiapkan Rp 193,9 triliun untuk memenuhi permintaan uang masyarakat jelang periode Natal dan Tahun Baru. Jumlah tersebut terdiri dari uang Rupiah emisi 2016 sebesar Rp 125,8 triliun (65 persen) dan uang Rupiah selain tahun emisi 2016 sebesar Rp 68,1 triliun (35 persen).

Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI), Eny Panggabean, mengatakan sebelum periode Natal dan Tahun Baru dimulai, pihaknya telah mendistribusikan uang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang tunai.

"Uang telah didistribusikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang tunai. Dapat dilihat juga, dari jumlah penarikan uang tunai oleh perbankan sudah mengalami peningkatan sejak minggu pertama Desember," ujar Eny di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Kamis (14/12).

Eny mengatakan, saat ini Bank Indonesia sudah memiliki 155 titik distribusi, di mana pendistribusian tersebut terdiri dari 44 satuan kerja kas dan 111 Kas titipan. "Kebutuhan masyarakat untuk uang tunai akan dipenuhi oleh layanan kas untuk masyarakat yang tersebar di seluruh Indoensia," jelasnya.

Jelang akhir tahun, Bank Indonesia juga mengingatkan, masyarakat mengantisipasi peredaran uang palsu. Masyarakat diimbau memperhatikan uang sebelum menerima maupun menggunakan uang yang dimilikinya.

"Masyarakat agar berhati-hati dalam melakukan transaksi dengan meneliti ciri-ciri keaslian uang dengan metode 3D (dilihat, diraba, diterawang). Masyarakat juga diimbau mau menjaga dan merawat Rupiah dengan baik," tandasnya. [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini