Berlakukan Sistem Satu Arah, BPJT Batasi Kecepatan Kendaraan

Selasa, 7 Mei 2019 19:46 Reporter : Dwi Aditya Putra
Berlakukan Sistem Satu Arah, BPJT Batasi Kecepatan Kendaraan Sistem satu arah di Bogor. ©2016 merdeka.com/ilham kusmayadi

Merdeka.com - Pemerintah akan kembali memberlakukan sistem satu arah (one way) di jalan tol pada saat mudik Lebaran 2019. Nantinya, rekayasa lalu lintas ini akan diberlakukan dari arah Jakarta menuju Semarang.

Kepala Sub Bidang Operasional dan Pemeliharaan II Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Joko santoso mengimbau kepada masyarakat agar memperhatikan laju kecepatan kendaraanya pada saat arus mudik Lebaran. Dia pun meminta agar pengendara dapat membatasi kecepatan kendaraan.

"Kita imbau pengguna jalan tol untuk one way sistem ini kecepatan maksimal tidak boleh lebih dari 80 km per jam," katanya saat diskusi dan peluncuran buku Mudik Minim Polemik, di Jakarta, Rabu (7/5).

Joko mengatakan apabila laju kendaraan dipacu di atas dari 80 km per jam maka akan membahayakan pengguna jalan tol itu sendiri.

"Karena dari sisi teknis kami dari geometri jalan kan kalau misal kita belok ada geometri jalan yang terbalik kalau kita pakai jalur sebaliknya. Harusnya belok itu aman tapi kalau terbalik ada gaya sentrifikal yang salah," katanya.

"Jadi diimbau pengguna jalan tol yang memanfaatkan one way sistem agar menjaga kecepatannya. Maksimal 80 km," tutupnya.

Seperti diketahui, rencana one way sendiri akan diberlakukan mulai 31 Mei hingga 1 Juni 2019 dari Jakarta ke arah Semarang. Kebijakan ini diterapkan sebagai pengganti dari sistem ganjil genap. Sebab, penerapan ganjil genap sendiri banyak ditemukan kendala. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini