Bank Dunia Apresiasi Proses Seleksi CPNS RI

Jumat, 16 November 2018 16:00 Reporter : Siti Nur Azzura
Bank Dunia Apresiasi Proses Seleksi CPNS RI PNS. pdk.org

Merdeka.com - Bank Dunia memberikan apresiasi tinggi terhadap proses seleksi CPNS (calon pegawai negeri sipil) Indonesia yang dinilai makin transparan, adil cepat,dan akuntabel. Penghargaan ini muncul dalam laporan Bank Dunia 2018, mengenai Global Public Sector Performance yang menyebutkan bahwa test CPNS di Indonesia sebagai produk unggul dalam Civil Service Management.

"Kita semua bersyukur dan turut merasa bangga. Kerja keras selama ini pada akhirnya mendapat pengakuan internasional," kata Deputi Bidang Kordinasi Kebudayaan di Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Nyoman Shuida melalui keterangan resminya, Jumat (16/11).

Nyoman menjelaskan, tes CPNS berbasis komputer dan biasa disebut CAT (Computer Assisted Test) itu lebih memberikan jaminan bahwa proses seleksi bisa lebih bersih, adil, tidak diselewengkan. Dengan begitu, pemerintah akan mendapatkan SDM yang bukan saja lebih berkualitas, namun juga berintegritas.

"CAT ini salah satu model GNRM (Gerakan Nasional Revolusi Mental) khususnya dalam kaitannya dengan Gerakan Indonesia Melayani," imbuhnya.

Dalam Pekan Kerja Nyata GNRM 2018 di Manado Oktober lalu, sistem CAT ini juga dipamerkan bersama puluhan karya inovasi pelayanan publik lainnya. Gerai CAT termasuk yang mendapat perhatian paling besar dari masyarakat Manado.

Sistem CAT itu sendiri dikembangkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) sejak 2010. Tapi, baru 2014 sistem CAT itu mulai diberlakukan dan disempurnakan untuk digunakan lagi pada seleksi CPNS di tahun-tahun berikutnya. Dengan CAT ini, cara-cara seleksi manual seperti yang lalu sudah tak dilakukan. Hasil test diputuskan oleh komputer, dan karenanya bisa lebih cepat diumumkan.

Meski sudah mendapat apresiasi luas, menurut Nyoman, tak berarti pengembangan CAT
akan berhenti. "Kita akan terus dorong pengebangannya agar terus sejalan dengan
semangat dan tuntutan zaman," tandasnya. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini