Apa yang terjadi pada pedagang jual beras medium tak sesuai HET mulai 13 April?

Senin, 9 April 2018 16:58 Reporter : Merdeka
Apa yang terjadi pada pedagang jual beras medium tak sesuai HET mulai 13 April? Konpers Polda Jateng soal beras. ©2018 Merdeka.com/Dian Ade Permana

Merdeka.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) mewajibkan, mulai 13 April 2018, pedagang tradisional untuk menjual beras medium sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET). Lantas apa sanksi bagi pedagang jika masih menjual beras medium di atas HET?

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Tjahya Widayanti, mengatakan pihaknya akan melakukan pemantauan setelah aturan tersebut resmi diberlakukan. Jika masih ada pedagang yang menjual beras medium di atas HET, maka akan ditelusuri penyebabnya.

"Kita akan pantau, kita lihat apa masalahnya, kan kita tidak bisa langsung menindak, memberikan sanksi. Apa penyebabnya. Siapa tahu bulog belum menggelontorkan ke situ. Apa kita salahkan pedagangnya? Tidak kan. Jadi harus dicari dulu, diselidiki dulu," ujar dia di Kantor Kemendag, Jakarta, Senin (9/4).

Menurut dia, jika memang pedagang kesulitan mendapatkan beras yang bisa dijual dengan harga sesuai ketentuan, maka Kemendag akan mencarikan solusi. Salah satunya dengan meminta Bulog untuk memasok beras ke pedagang tersebut, baik secara langsung maupun melalui mitra distributor.

"Jadi kita pastikan dulu semuanya, misalnya suatu daerah belum punya beras seharga itu, kita minta Bulog untuk gelontorin. Beras Bulog kan sekarang bagus-bagus. Ya dia (pedagang) harus berhubungan dengan Bulog, Bulog harus mencari mitranya, mitranya nanti menjual ke pasar rakyat dan pasar rakyat yaitu si pedagang harus jual seharga HET," jelas dia.

Untuk asal berasnya, lanjut Tjahya, akan diserahkan kepada Bulog. Apakah itu beras dari dalam negeri atau impor. Terpenting ialah beras tersebut berkualitas baik dan dijual seharga HET atau di bawahnya. ‎"Terserah Bulog, yang penting di lapangan sesuai dengan HET," tandas dia.

Reporter: Septian Deny

Sumber: Liputan6

[bim]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini