AP II Siap Kembangkan Bandara Palangka Raya Jika Dipilih Jokowi Jadi Ibu Kota

Kamis, 16 Mei 2019 23:00 Reporter : Merdeka
AP II Siap Kembangkan Bandara Palangka Raya Jika Dipilih Jokowi Jadi Ibu Kota Bandara Tjilik Riwut. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - PT Angkasa Pura II (Persero) mengaku siap mengembangkan bandara Tjilik Riwut yang berlokasi di Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Hal ini jika nantinya Palangka Raya dipilih menjadi Ibu Kota Negara menggantikan Jakarta.

Direktur Utama AP II, Muhammad Awaluddin mengatakan, bandara kebanggaan warga Palangka Raya ini saat ini memiliki kapasitas 3 juta penumpang per tahunnya. Jumlah ini dinilai mampu menampung pertumbuhan penumpang 3-4 tahun mendatang.

"Luas aset kita di sana itu saja 340 hentar. Dengan luas itu dan sekarang kapasitasnya 3 juta, masih sangat potensial dikembangkan lebih besar lagi," kata Awaluddin di Jakarta, Kamis (16/5).

Dia menambahkan, saat ini rute penerbangan lintas khatulistiwa dinilai juga belum berkembang. Dengan dijadikannya Palangka Raya sebagai ibu kota negara, dinilai akan mampu mengembangkan rute penerbangan litas utara tersebut.

Saat ini, penerbangan ke beberapa kota di Sumatra, Kalimantan, Sulawesi dan ke arah timur, mayoritas harus melalui kota-kota di Pulau Jawa, seperti Jakarta dan Surabaya.

Jika Palangka Raya berkembang, nantinya menjadikan para maskapai lebih efisien dalam pengoperasian pesawat, khususnya rute-rute lintas khatulistiwa tersebut.

"Palangka Raya sekarang sebenarnya sudah menjadi hub untuk penerbangan ke beberapa kota di intra Kalimantan itu sendiri, seperti Palangka Raya-Pangkalan Bun, dan sebagainya. Jadi potensinya masih cukup besar," pungkasnya.

Reporter: Ilyas Istianur Praditya

Sumber: Liputan6.com [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini