Akibat Virus Corona, Ekonomi China Kuartal I-2020 Diprediksi Terkoreksi

Rabu, 29 Januari 2020 17:55 Reporter : Dwi Aditya Putra
Akibat Virus Corona, Ekonomi China Kuartal I-2020 Diprediksi Terkoreksi Suasana di Wuhan China. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, meluasnya virus corona berdampak besar pada pertumbuhan ekonomi China. Sebab, isu yang diembuskan saat ini menimbulkan pesimisme terhadap kondisi ekonomi global, khususnya China.

"Mereka (China) kehilangan kuartal I momentum growth," kata Sri Mulyani di Jakarta, Rabu (29/1).

Sri Mulyani menilai virus corona yang terjadi mempengaruhi beberapa negara-negara yang menjadi hub trafic. Dengan tidak adanya kejelasan terhadap penyakit ini kemudian akan merespon ketidakpastian yang menimbulkan dampak utama terhadap ekonomi China.

"Sampai ada penjelasan utama bagaimana cara menularnya, seberapa cepat kemudian inkubasinya dan kemudian bagaimana pengaruhnya. Sampai ini tidak dijelaskan memang akan menimbulkan suasana di mana seluruh respons indikator biasanya menjadi konservatif, lebih wait and see," jelas dia.

Bila ketidakjelasan tersebut dibiarkan, Sri Mulyani meyakini pertumbuhan ekonomi China pada paruh pertama akan terkoreksi. "Jadi kuartal I tidak akan terlalu bagus dari sisi domestic demand mereka dan kemudian pengaruhnya terhadap keseluruhan tahun tergantung dari respons mereka di kuartal selanjutnya," jelas dia.

"Pertanyaannya apakah mereka akan mengimbangi untuk kuartal 2 selanjutnya karena RRT sebagai suatu negara selalu bisa memobilisasi instrumen policy nya pada saat mereka ingin melakukan tujuan tertentu," tambahnya.

1 dari 1 halaman

Dampak ke Pariwisata

pariwisata rev1

Di sisi lain, Bendahara Negara ini menambahkan dampak regional yang ditimbulkan dari meluasnya virus ini juga akan memukul sektor pariwisata. Hal ini berkaca pada kasus Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) yang pernah membuat resah seluruh dunia pada 2002-2003 lalu.

"Kewaspadaan tentu melihat bagaimana pola waktu SARS terjadi, pengaruhnya penetrasi ke Indonesia seperti apa. Sektor pariwisata tentu akan terpengaruh dan ini yang mungkin harus diwaspadai karena kan kita selalu mengatakan sektor pariwisata sebagai salah satu sumber pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang kita andalkan terutama destinasi pariwisata 2020," tandas dia. [azz]

Baca juga:
Seberapa Mematikan Virus Corona? Ini Perbandingannya dengan Wabah SARS dan MERS
Virus Corona Tidak Berdampak pada Mainan Impor Asal China
Potret Raffi Ahmad dan Nagita Liburan di Prancis Pakai Masker, Gara-gara Virus Corona
Dampak Virus Corona, Mahasiswa Asal Aceh Minta Dievakuasi dari Wuhan China
Virus Corona Sudah Sampai di Timur Tengah, Satu Keluarga di UEA Terinfeksi
BNPB Kirim 10.000 Masker untuk WNI di Wuhan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini