Fungsi Retikulum Endoplasma, Kenali Kedua Jenisnya

Kamis, 18 Juni 2020 13:44 Reporter : Khulafa Pinta Winastya
Fungsi Retikulum Endoplasma, Kenali Kedua Jenisnya Ilustrasi sel saraf. ©Shutterstock/ktsdesign

Merdeka.com - Fungsi retikulum endoplasma yakni sebagai alat transportasi zat pada sel. Retikulum endoplasma diturunkan dari bahasa Latin berarti 'di dalam sitoplasma' yang merupakan organ sel yang bisa ditemukan hampir di semua sel eukariotik.

Sebagai makhluk hidup, baik mausia, hewan, dan tanaman pasti memiliki sel-sel yang ada di dalam tubuh. Di dalam sebuah sel, masih ada beberapa organel lain yang juga membantu terwujudnya misi dari sel. Salah satu organel yang ada di dalam sel adalah Retikulum endoplasma atau RE.

Retikulum endoplasma merupakan bagian dari sistem endomembran. RE merupakan labirin membran yang sangat banyak sehingga RE ini meliputi separuh lebih dari total membran dalam sel-sel eukariotik.

Retikulum endoplasma terdiri dari jaringan tubula dan gelembung membran yang disebut sisterne (cisternae). Membran ini berhubungan langsung dengan selubung nukleus atau nuclear envelope. Berikut informasi selengkapnya:

1 dari 5 halaman

Apa itu Retikulum Endoplasma?

Secara garis besar, retikulum endoplasma (RE) merupakan sebuah sistem membran yang wilayahnya sangat luas di dalam sebuah sel. Bentuk retikulum endoplasma sendiri hanya bisa dilihat menggunakan mikroskop elektron.

Di bawah mikroskop, retikulum endoplasma ini terlihat seprti rongga atau tabuh pipih yang saling berkaitan dan menutupi hampir semua sitoplasma. Membran-membran ini punya struktur lipid protein yang sama besar dengan membrane lainnya yang ada di dalam sel itu. Setiap membran di retikulum endoplasma punya satu permukaan yang mengarah ke sitosol dan sisi yang lain menghadap ke bagian rongga itu.

Retikulum endoplasma sendiri dibagi menjadi dua, yakni retikulum endoplasma yang kasar atau RE granular dan retikulum endoplasam halus atau RE agranular.

2 dari 5 halaman

Perbedaan RE Kasar dan RE Halus

RE granular (kasar) ini berfungsi sebagai pengikat ribosom, sedangkan RE agranular (halus) hanya berisi membran saja. Kedua jenis retikulum endoplasma ini bisa ditemukan di dalam satu sel yang sama. Retikulum endoplasma juga berfungsi sebagai sistem transport substrat dan hasil dari sitoplasma ke luar sel dan ke nukleus.

3 dari 5 halaman

Retikulum Endoplasma Kasar (RE Granular)

Fungsi utama dari RE granular adalah sebagai tempat sintesis protein. Hal ini dikarenakan di permukaan RE granular terdapat bintik-bintik ribosom yang berperan dalam sintesis protein.

4 dari 5 halaman

Retikulum Endoplasma Halus (RE Agranular)

Berbeda dengan retikulum endoplasma kasar, RE agranular justru tidak memiliki bintik-bintik ribosom di permukaanya. Sehingga, RE agranular berfungsi dalam beberapa proses metabolisme yakni sintesis lipid, metabolisme karbohidrat, penyimpanan ion kalsium, serta detoksifikasi obat-obatan dan racun.

5 dari 5 halaman

Jenis Khusus dari Retikulum Endoplasma

Retikulum endoplasma memiliki jenis khusus yang ditemukan pada sel otot baik pada otot halus dan otot lurik yakni, Retikulum Sarkoplasma. Yang membedakan RE sarkoplasma dengan RE agranular ialah kandungan proteinnya.

Dikutip dari wikipedia, retikulum endoplasma mensintesis molekul, sedangkan retikulum sarkoplasma menyimpan ion kalsium dan memompakannya ke dalam sarkoplasma ketika serat otot distimulasi.

[khu]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Info Kesehatan
  3. Trending
  4. Sains
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini