7 Cara Menguatkan Mental yang Berguna untuk Diri Sendiri, Perlu Lakukan Ini

Senin, 14 Juni 2021 11:59 Reporter : Billy Adytya
7 Cara Menguatkan Mental yang Berguna untuk Diri Sendiri, Perlu Lakukan Ini Ilustrasi percaya diri. ©2012 Merdeka.com/Shutterstock/Rob Bayer

Merdeka.com - Cara menguatkan mental patut diketahui, terlebih lagi bagi orang yang memiliki rasa kurang percaya diri. Sebab rasa kurang percaya diri akan membuat mereka sulit berkembang dalam menjalani keberlangsungan hidup.

Banyak sekali hambatan yang harus dihadapi ketika ingin maju untuk melakukan suatu pergerakan. Terkadang hambatan itu juga dapat berasal dari dalam diri sendiri, seperti selalu mempunyai rasa malu, takut, atau bahkan tidak percaya diri.

Nah untuk menghilangkannya, Anda harus bisa menyisihkan waktu guna mencoba cara melatih mental sehingga menjadi lebih kuat. Dengan begitu berbagai rasa emosi yang sangat negatif itu akan bisa hilang dengan sendirinya.

Dirangkum dari SehatQ, berikut adalah 7 cara menguatkan mental yang berguna untuk diri sendiri dan bisa Anda lakukan.

2 dari 6 halaman

Jaga Kesehatan Fisik dengan Baik

Cara menguatkan mental untuk diri sendiri yang pertama adalah dengan menjaga kesehatan fisik dengan baik terlebih dahulu. Karena apabila fisik Anda akan terjaga dengan amat baik, maka kesehatan mental pun juga akan terjaga pula.

Sehingga agar mental dapat menjadi sehat dan juga kuat Anda perlu tidur dengan cukup. Melakukan olahraga secara teratur juga akan dapat menjaga kesehatan fisik Anda, serta mengonsumsi makanan-makanan yang bergizi tinggi.

3 dari 6 halaman

Lakukan Hal Sulit dalam Satu Minggu

Apabila ingin memiliki mental yang kuat, maka Anda juga harus berani berbuat. Guna mendapatkan mental kuat Anda perlu melatihnya dengan melakukan pembelajaran terhadap hal baru yang sebelumnya mungkin sama sekali tak terpikirkan oleh Anda.

Misalhnya dengan les fotografi atau les memasak. Selalu dorong diri Anda untuk keluar dari zona nyaman Anda. Jangan pernah membatasi diri Anda dengan rasa takut akan kegagalan.

Berani Menerima Perubahan Hidup

Cara menguatkan mental berikutnya adalah dengan berani menerima perubahan hidup yang telah terjadi. Ada ungkapan yang menyebut bahwa satu-satunya yang konstan ada di dunia ini adalah perubahan. Itu sebabnya tak semua rencana Anda bisa terlaksana sesuai dengan kemauan.

Memang sangat tidak mudah menerimanya, namun Anda harus ingat bahwa terkadang memang beberapa hal yang tak bisa kita kontrol seperti apa hasil akhirnya. Daripada harus bertahan dengan hal yang sudah tak bisa diubah, sebaiknya Anda mulai mengalihkan fokus pada hal-hal yang bisa dikontrol.

4 dari 6 halaman

Tulis Hal yang Disyukuri

Selanjutnya, Anda juga bisa menulis hal-hal apa saja yang disyukuri setiap harinya. Itu semua akan membuat hidup Anda segera berubah.

Karena rasa syukur itu sendiri dapat menurunkan stres dan membuat tidur Anda lebih nyenyak. Hal ini bahkan sudah terbukti secara ilmiah lho. Jadi jangan lupa untuk menyisihkan waktu beberapa menit saja dalam sehari untuk bersyukur.

Sisihkan 15 Menit untuk Evaluasi Diri

Menyisihkan waktu selama 15 menit saja untuk mengevaluasi diri Anda juga termasuk dalam cara menguatkan mental. Caranya adalah coba luangkan waktu selama 15 menit tersebut dan gunakanlah untuk mengobrol dengan diri Anda sendiri.

Anda perlu kembali melihat kemajuan yang sudah diraih dan pikirkan mengenai hal yang masih bisa untuk diperbaiki untuk introspeksi diri. Walau cuma sebentar, waktu yang Anda gunakan untuk melihat kembali refleksi diri akan menjadi ajang untuk kembali mengisi energi yang terbuang setelah Anda berusaha. Hal in akan membuat diri Anda juga mendapati gambarang yang jernih tenatang kehidupan, serta memperbarui motivasi Anda untuk terus maju.

5 dari 6 halaman

Habiskan Waktu Bersama Orang Terdekat

Cara menguatkan mental lainnya adalah dengan menghabiskan waktu bersama orang teredekat. Bertemu dengan orang-orang terdekat akan sangat penting untuk kesehatan mental Anda.

Sehingga meski sedang sibuk dengan melakukan pengejaran mimpi, namun jangan lupa untuk selalu menyisihkan waktu bersama dengan orang-orang yang bisa menjadi sumber energi bagi Anda.

6 dari 6 halaman

Memiliki Tekad Hentikan Kebiasaan Buruk

Salah satu cara menguatkan mental yang bisa dilakukan adalah dengan memiliki tekad untuk menghentikan suatu kebiasaan buruk yang sering Anda lakukan di hari-hari sebelumnya. Misalnya sesuatu kebiasaan buruk yang dapat memengaruhi kesehatan mental Anda karena dapat stres atau menciptakan pandangan buruk terhadap bentuk fisik diri sendiri.

Hentikan kebiasaan buruk tersebut apabila ingin mental Anda terlatih. Namun, Anda tak perlu melakukan perubahan secara drastis dan tiba-tiba. Lakukanlah dengan langkah yang mudah terlebih dahulu tanpa harus tergesah-gesah.

[bil]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini