Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

60 Kata-kata Motivasi yang Ada di Alquran Sesuai Firman Allah SWT, Bisa jadi Penyemangat Hidup

Kata-kata motivasi yang ada di Alquran dapat menjadi pedoman hidup bagi umat Islam.

Seperti yang diketahui, Alquran sendiri merupakan kitab suci yang merupakan kumpulan firman Allah SWT.

Kitab tersebut kemudian diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai perantara. Sebagai kitab suci umat Islam, Alquran tidak hanya berisi perintah dan larangan Allah SWT kepada manusia.

tivasi bagi yang bisa memandangnya secara positif. Dengan membaca kata-kata motivasi yang ada di Alquran, kita juga dapat menemukan inspirasi dan kebaikan untuk melanjutkan hidup dengan bijak.

Lantas, apa saja kata-kata motivasi yang ada di Alquran sarat kebaikan dan kemuliaan itu?

Melansir dari berbagai sumber, Kamis (9/5), berikut merdeka.com rangkum mengenai 60 kata-kata motivasi yang ada di Alquran untuk dapat Anda jadikan sebagai inspirasi menapaki kehidupan.

Kata-kata Motivasi yang Ada di Alquran

Kata-kata Motivasi yang Ada di Alquran

1. “Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya.” – (QS. Ali Imran: 159)

2. “Wahai orang beriman, janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Yang demikian itu lebih baik agar kamu selalu ingat.” – (QS. An-Nur: 27)

3. “Siapa yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya, serta takut kepada Allah dan bertakwa kepada-Nya, mereka itulah orang-orang yang mendapat kemenangan.” – (QS. An-Nur: 52)

4. “Dan adapun orang-orang yang takut pada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal mereka.” – (QS. An-Nazi’at: 40-41)

5. “Dan mohonlah ampun kepada Tuhanmu kemudian bertaubatlah kepada-Nya. Sesungguhnya Tuhanku Maha Penyayang lagi Maha Pengasih.” – (QS. Hud: 90)

6. “dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.” – (QS. Al-Baqarah: 195)

7. “Dan ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia.” – (QS. Al-Baqarah: 83)

8. “Dan jangan sekali-kali kamu mengatakan tentang sesuatu: “Sesungguhnya aku akan mengerjakan ini besok pagi. kecuali (dengan menyebut): “Insya Allah”. – (QS. Al-Kahfi: 23-24)

9. “Dan mohonlah ampun kepada Tuhanmu kemudian bertaubatlah kepada-Nya. Sesungguhnya Tuhanku Maha Penyayang lagi Maha Pengasih.” – (QS. Hud: 90)

10. “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling mengenal.” – (QS. Al-Hujurat: 13)

Kata-kata Motivasi yang Ada di Alquran<br>

Kata-kata Motivasi yang Ada di Alquran

11. “Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat dan pencela, yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitungnya. Dia mengira bahwa hartanya dapat menyelamatkannya.” – (QS. Al-Humazah: 1-3)

12. “Dan barang -siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.” – (QS. At-Talaq: 4)

13. “Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang bertakwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan.” –(QS. An-Nahl: 128)


14. “Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada kedua orang ibu bapaknya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.” – (QS. Luqman ayat 14)

15. “Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan.” – (QS Asy-Syuura: 43)

16. “Dan barang -siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.” – (QS. At-Talaq: 4)

17. “Kebaikan tidak sama dengan kejahatan. Tolaklah kejahatan itu dengan cara yang lebih baik, sehingga yang memusuhimu akan seperti teman yang setia.” – (QS. Fushshilat: 34)

18. “Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” – (QS. Az-Zumar: 10)

19. “Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?” – (QS. Ar-Rahman)

20. “Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan sekecil apapun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.” – (QS. Al-Zalzalah: 7)

21. “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” – (Al-Baqarah: 286)

22. “Tidakkah dia menyadari bahwa sesungguhnya Allah melihat segala perbuatannya?” – (QS. Al-Alaq: 14)

23. “dan apabila aku sakit, Dialah Yang menyembuhkan aku.” – (QS. Asy-Syu’ara: 80)

24. “Hai orang-orang yang beriman, Ingatlah kepada Allah sebanyak-banyaknya.” - (QS. Al-Ahzab: 41)

25. “Tidakkah dia menyadari bahwa sesungguhnya Allah melihat segala perbuatannya?” – (QS. Al-Alaq: 14)

26. “dan Allah Sebaik-baik Pemberi rezeki.” – (QS. Al-Jumu’ah: 11)

27. “Sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan-perbuatan keji dan mungkar.” – (QS. Al-Ankabut: 45)

28. “Dan mintalah pertolongan dengan sabar dan shalat.” – (QS. Al-Baqarah: 45)

29. “Sesungguhnya Tuhanku amat dekat lagi memperkenankan (doa hamba-Nya).” – (QS. Hud: 61)

Kata-kata Motivasi yang Ada di Alquran

Kata-kata Motivasi yang Ada di Alquran

30. “Kamu sekali-kali tidak akan melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang?” – (QS. Al-Mulk: 3)

31. “Dan barangsiapa berbuat kesalahan atau dosa, kemudian dia tuduhkan kepada orang yang tidak bersalah, maka sungguh dia telah memikul suatu kebohongan dan dosa yang nyata.” – (QS. An-Nisa’: 112)

32. “Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bagianmu dari (kenikmatan) duniawi.” – (QS. Al-Qashash: 77)

33. “Maka jangan sekali-kali membiarkan kehidupan dunia ini memperdayakan kamu.” – (QS. Fatir: 5)

34. “Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” – (QS. Al-Insyirah: 5-6)

35. “Dan bersabarlah kamu, sesungguhnya janji Allah adalah benar.” – (QS. Ar-Rum: 60)

36. “Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk.” – (QS. Huud: 114)

37. “dan bertawakallah kepada Allah. Dan cukuplah Allah sebagai Pemelihara.” – (QS. Al-Ahzab: 3)

38. “Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung.” – (QS. Ali Imran: 173)

39. “Dan barang -siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.” – (QS. At-Talaq: 4)

40. “Allah berfirman: “Janganlah kamu berdua khawatir, sesungguhnya Aku beserta kamu berdua, Aku mendengar dan melihat”. – (QS. Thaha: 46)

41. “Dan setiap jiwa akan diberi kompensasi penuh (untuk) apa yang telah dilakukannya; dan Dia lebih mengetahui apa yang mereka kerjakan.” (QS Az Zumar: 70)

42. “Sesungguhnya Kami menurunkan Kitab (Al-Qur'an) kepadamu (Muhammad) dengan (membawa) kebenaran. Maka, sembahlah Allah dengan tulus ikhlas beragama kepada-Nya.” (QS Az-Zumar: 3)

43. "Apakah kamu yang menurunkannya dari awan, ataukah Kami yang menurunkannya? Jika Kami menghendaki, Kami dapat membuatnya pahit, lalu mengapa kamu tidak bersyukur?” - QS Waqiah: 69-70)

44.	“Agar kamu tidak putus asa atas apa yang luput darimu dan tidak bermegah atas apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong dan membanggakan diri” - (QS Hadid: 23)

44. “Agar kamu tidak putus asa atas apa yang luput darimu dan tidak bermegah atas apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong dan membanggakan diri” - (QS Hadid: 23)

45. “Apa yang ada di sisi Allah lebih baik dari pengalihan dan dari transaksi, dan Allah adalah sebaik-baik pemberi rezeki.” - (QS Jumuah: 11)

46. “Sesungguhnya engkau (Muhammad) akan mati dan mereka akan mati (pula).” (QS Az-Zumar: 30)

47. “Apa yang dilangit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah yang Maha Perkasa, Maha Bijaksana.” (QS Al-Hadid: 1)

48. “.. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk ke neraka jahanam dalam keadaan hina dina.” (QS Ghafir: 60)

49. “Tolaklah kejahatan dengan yang lebih baik.” (QS Al Muminun: 96)

50. "Maka tidak seorang pun mengetahui apa yang disembunyikan untuk mereka yaitu (bermacam-macam nikmat) yang menyenangkan hati sebagai balasan terhadap apa yang mereka kerjakan. (QS Sajdah: 17)

51. “Dialah yang menghidupkan dan mematikan. Maka, apabila Dia hendak menetapkan suatu urusan, Dia hanya berkata kepadanya, “Jadilah!” Maka jadilah sesuatu itu.” (QS Ghafir: 68)

52. “Tetapi tidak dikabulkan kecuali orang-orang yang sabar” - (QS Fussilat: 35)

53. “Dan semua yang mereka lakukan ada dalam catatan tertulis. Dan setiap [hal] kecil dan besar tertulis.” (QS Qamar: 52-53)

54. “Apakah ganjaran untuk kebajikan (apapun selain baik?)” (QS Ar-Rahman: 60)

55. “Tidak ada bencana yang menimpa kecuali dengan izin Allah. Dan barang siapa yang beriman kepada Allah – Dia akan membimbing hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” (QS At-Taghabun: 11)

56. "Dan sungguh akan Kami berikan ujian atau cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang bersabar." – (QS Al-Baqarah: 155)

57. "Dan sungguh Kami benar-benar akan menguji kalian agar Kami mengetahui siapa orang-orang yang bersungguh-sungguh dan bersabar di antara kalian." – (QS Muhammad: 31)

58. "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya." – (QS Al-Baqarah: 286)

59. "Katakanlah, 'Ilmu itu hanya di sisi Allah, dan aku hanyalah pemberi peringatan yang nyata'." (QS Al-Mulk : 185)

60. “Pada hari itu kamu dihadapkan (kepada Tuhanmu), tidak ada sesuatu dari keadaanmu yang tersembunyi.” (QS Al-Haqqah: 18)

Reporter
  • Mutia Diah Anggraini
40 Kata-kata Motivasi Kerja Keras Islami, Penuh Makna dan Bikin Semangat
40 Kata-kata Motivasi Kerja Keras Islami, Penuh Makna dan Bikin Semangat

Kata-kata motivasi kerja keras Islami mengajarkan umat Muslim untuk berusaha semaksimal mungkin namun tetap mempercayakan hasilnya kepada Allah SWT.

Baca Selengkapnya
100 Kata-Kata Motivasi Hidup untuk Masa Depan Cerah, Kobarkan Rasa Pantang Menyerah dalam Diri
100 Kata-Kata Motivasi Hidup untuk Masa Depan Cerah, Kobarkan Rasa Pantang Menyerah dalam Diri

Kata-kata motivasi hidup untuk masa depan yang cerah bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat luas.

Baca Selengkapnya
80 Kata-Kata Taubat Islami yang Menyentuh Hati & Inspiratif, Bantu Motivasi Kembali ke Jalan Benar
80 Kata-Kata Taubat Islami yang Menyentuh Hati & Inspiratif, Bantu Motivasi Kembali ke Jalan Benar

Berikut kata-kata taubat islami yang menyentuh hati dan inspiratif selengkapnya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
75 Kata-Kata Semangat Ibadah, Motivasi Dekatkan Diri pada Tuhan
75 Kata-Kata Semangat Ibadah, Motivasi Dekatkan Diri pada Tuhan

Di bulan Ramadan ini, tingkatkan terus semangat Anda dengan kata-kata yang memotivasi.

Baca Selengkapnya
Kata-Kata Islami Malam Nuzulul Quran, Menyentuh Hati
Kata-Kata Islami Malam Nuzulul Quran, Menyentuh Hati

Nuzulul Quran adalah malam yang penuh dengan kemuliaan.

Baca Selengkapnya
Kata-Kata Motivasi Hidup Sehat Bahasa Inggris dan Artinya, Penuh Inspirasi
Kata-Kata Motivasi Hidup Sehat Bahasa Inggris dan Artinya, Penuh Inspirasi

Kata-kata motivasi dapat menjadi pendorong yang efektif untuk menjalani gaya hidup sehat.

Baca Selengkapnya
120 Kata-kata Tentang Berjuang Berisi Motivasi dan Semangat Meraih Impian
120 Kata-kata Tentang Berjuang Berisi Motivasi dan Semangat Meraih Impian

Setiap manusia tentu akan menjalani kehidupan dengan lika-liku tersendiri. Kata-kata berjuang berisi motivasi dan semangat bisa menjadi acuan meraih impian.

Baca Selengkapnya
25 Kata-Kata Ustadz Adi Hidayat, Penuh Makna dan Pesan Bijak
25 Kata-Kata Ustadz Adi Hidayat, Penuh Makna dan Pesan Bijak

Kata-kata ustadz Adi Hidayat bisa dijadikan motivasi untuk menjalani kehidupan sehari-hari.

Baca Selengkapnya
100 Kata-Kata Motivasi untuk Diri Sendiri, Bantu Semangati Hari
100 Kata-Kata Motivasi untuk Diri Sendiri, Bantu Semangati Hari

Ketika merasa lelah atau terpuruk, kata-kata motivasi untuk diri sendiri dapat jadi penyemangat.

Baca Selengkapnya