12 Peta Wisata Malang Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi, Dijamin Hemat dan Puas

Selasa, 16 Agustus 2022 10:58 Reporter : Kurnia Azizah
12 Peta Wisata Malang Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi, Dijamin Hemat dan Puas wisata malang. www.instagram.com/malangswantecom

Merdeka.com - Peta wisata Malang Jawa Timur terdiri dari berbagai destinasi menarik, bahkan terkenal ramah di kantong. Wisata Malang memiliki banyak destinasi yang menyenangkan bahkan bikin ketagihan untuk disambangi lagi, baik dari wisata alam, hingga wisata budaya yang sayang sekali untuk dilewatkan.

Saking luas dan kayanya peta wisata Kota Malang Jawa Timur, Anda mungkin tidak akan bisa menyelesaikan wisata hanya dalam sehari saja. Oleh karena itu, saat memutuskan berkeliling ke Malang, sebaiknya tentukan terlebih dahulu tujuan agar tak bingung nantinya.

Supaya Anda tak kewalahan dalam memikirkan tujuan destinasi berlibur, simak peta wisata Kota Malang Jawa Timur berikut ini sebagai referensi, seperti dihimpun dari Liputan6.com, Selasa (16/8).

2 dari 5 halaman

Peta Wisata Malang Jawa Timur I

peta wisata malang jawa timur

Kampung Warna-Warni Jodipan, Liputan6 ©2022 Merdeka.com

Klenteng Eng An Kiong

Klenteng Eng An Kiong juga dikenal sebagai Klenteng Tri Dharma. Kelenteng Eng An Kiong merupakan salah satu bangunan tertua di Malang dan telah ditetapkan jadi salah satu cagar budaya. Kelenteng ini berdiri sejak tahun 1825.

Untuk menuju Kelenteng Eng An Kiong, Anda bisa menuju Jalan Laksamana Martadinata. Anda bisa melihat arsitektur kelenteng yang didominasi warna merah serta struktur bangunannya yang khas, menyesap suasana di sana.

Kampung Warna-Warni Jodipan

Peta wisata Malang Jawa Timur selanjutnya yang layak dikunjungi adalah Kampung Warna-Warni Jodipan. Awalnya, kampung ini hanyalah kawasan perkampungan yang berada di pinggiran Sungai Brantas.

Tapi setelah ada inisiasi dari mahasiswa yang menggandeng korporasi produsen cat dinding, Kampung Jodipan disulap jadi destinasi wisata baru yang hits di Malang.

Kampung warna-warni Jodipan adalah kawasan yang begitu cocok untuk berburu foto untuk mengisi feed Instagram Anda. Selain itu, biaya masuknya begitu terjangkau, meski tak gratis: hanya Rp3.000 saja.

peta wisata malang jawa timur
Alun-alun Kota Malang, Liputan6 ©2022 Merdeka.com

Alun-alun Kota Malang

Monumen Tugu Malang adalah titik mula peta wisata Malang Jawa Timur yang layak disambangi. Monumen Tugu ini memiliki sejumlah julukan seperti Alun-alun Bunder, Taman Tugu Bunder, dan Alun-alun Tugu. Memiliki sejarah panjang sejak zaman kolonial Belanda yang patut disimak.

Tugu tersebut layaknya Tugu Jogja, selain sebagai landmark juga menjadi simbol dan kebanggaan kota. Monumen Tugu Malang terletak persis di depan Gedung Balai Kota, sehingga Anda bisa dengan mudah menemukannya. [kur]

Baca juga:
Kumpulan Link Twibbon 17 Agustus 2022, Meriahkan HUT RI ke-77 'Bangkit Lebih Kuat'
Kumpulan Doa saat Upacara Kemerdekaan 17 Agustus, Maknanya Sangat Mendalam
Cerita Pendek 17 Agustus di Balik Lomba Tradisional, Ada yang Berisi Sejarah Kelam RI

3 dari 5 halaman

Peta Wisata Malang Jawa Timur: Air Terjun

Setelah Anda berpuas diri berkeliling peta wisata Malang Jawa Timur di kota, selanjutnya bisa menikmati segarnya destinasi wisata air terjun.

peta wisata malang jawa timur

Coban Pelangi, Liputan6 ©2022 Merdeka.com

Coban Pelangi

Sesuai namanya, Coban Pelangi ini terkenal akan pelanginya yang kerap muncul di dasar air terjun. Wisata air terjun ini berada di ketinggian 1300 Mdpl.

Bahkan tak tangung-tanggung, air terjun pelangi memiliki ketinggian mencapai 110 meter. Selain itu, saat pagi hari, kawasan air terjun ini mempunyai suhu 13 – 19 derajat celcius. Anda bisa masuk ke kawasan Coban Pelangi dengan tiket Rp5.000 saja.

Coban Sewu

Tak kalah menarik, Anda patut bertandang ke peta wisata Malang Jawa Timur di Coban Sewu. Dinamakan sebagai coban sewu sebab air terjun ini memiliki sumber air terjun berbeda yang jumlah sumbernya banyak, tidak hanya satu seperti air terjun pada umumnya.

Air terjun satu ini juga kerap dijuluki sebagai Coban Tumpak Sewu dan Tumpang Sewu. Karena aliran air seakan bertumpuk-tumpuk satu sama lain. Tiket masuk ke Coban Sewu cukup murah, yakni hanya Rp5.000 per orangnya.

Coban Rondo

Destinasi peta wisata Malang berikutnya yang sangat terkenal adalah Coban Rondo. Anda bisa menikmati perkampungan dengan kekayaan alam dan sejuknya air. Bahkan ada wahana tubing, paint ball dan penangkaran rusa.

Tiket masuk utamanya Rp15.000 per orang. Setiap wahana di dalamnya akan dikenakan biaya tambahan. Seperti masuk ke penangkaran rusa untuk memberi makan, harus membayar tiket sebesar Rp5.000 per orang.

Anda juga bisa menyewa seperti untuk berkeliling di kawasan ini. Dijamin peta wisata Malang satu ini akan bikin Anda ketagihan untuk kembali ke Jawa Timur.

4 dari 5 halaman

Peta Wisata Malang Jatim Park

Jatim Park 1, 2, 3 tak akan pernah bisa dilepaskan dari daftar peta wisata Malang Jawa Timur. Destinasi ini yang selalu ramai dikunjungi saat liburan. Destinasi peta wisata Malang ini memang sangat cocok untuk liburan keluarga.

peta wisata malang jawa timur
Liputan6 ©2022 Merdeka.com

Jatim Park 1

Jatim Park 1 adalah taman hiburan yang memiliki daya tarik berupa kolam renang raksasa, lalu berlatar belakang patung Ken Dedes, Ken Arok, serta Empu Gandring yang mencerminkan tokoh asal Jawa Timur. Ditambah lagi, Jatim Park 1 punya lebih dari 50 wahana yang bisa dicoba oleh anak-anak maupun dewasa.

Seperti banyak wisata Malang lain berbasis taman hiburan, tiket Jatim Park 1 dipatok Rp100 ribu yang berlaku di hari libur sekolah, serta saat libur nasional serta akhir pekan. Kemudian di hari biasa, ada diskon 30 persen menjadi Rp70 ribu.

Jatim Park 2

Bernaung di bawah perusahaan yang sama dengan Jatim Park 1 yakni JTP Group, Jatim Park 2 menawarkan kebun binatang bernama Secret Zoo, dan Museum Satwa. Di dalamnya ada beragam koleksi satwa secara lengkap untuk tujuan belajar anak maupun dewasa.

Harga tiket masuk Jatim Park 2 dipatok Rp120 ribu di hari libur nasional, hari libur sekolah, dan akhir pekan. Sedangkan di hari biasa, harga tiket dipatok Rp84 ribu Rupiah.

Jatim Park 3

Lain halnya dengan Jatim Park 1 dan 2, di Jatim Park 3 Anda bisa lebih berpuas diri karena ditawarkan jam operasional yang fleksibel hingga malam hari. Hal ini dikarenakan sebagian besar area Jatim Park 3 seperti Taman Dino, memang berada di gedung indoor.

Bahkan, saat ini terdapat promo Happy Hour jika Anda datang di malam hari. Di atas jam 6 sore, tiket masuk mendapat harga promo di kisaran Rp45 ribu hingga Rp60 ribu.

5 dari 5 halaman

Peta Wisata Malang Jawa Timur Destinasi Pantai

Peta wisata Malang selanjutnya adalah destinasi pantai. Wisata pantai di Malang kerap mencuri perhatian dan tentunya memiliki banyak pilihan.

peta wisata malang jawa timur
Balekambang , Liputan6 ©2022 Merdeka.com

Pantai Balekambang

Balekambang adalah salah satu pantai di bagian selatan Malang. Tepatnya di Kecamatan Bantur, dengan ciri khasnya sebuah pulau kecil dengan rumah sebagai Pura yang ramai untuk beribadah di berbagai Hari Raya Keagamaan Hindu.

Balekambang bisa diakses dengan lancar dari Malang mengendarai mobil maupun motor, harga tiket masuk Rp15 ribu saja.

Pantai Banyu Anjlok

Pantai Banyu Anjlok adalah salah satu destinasi pantai yang unik di Malang. Karena lokasinya merupakan pertemuan air tawar dan asin, berupa air terjun yang langsung mengarah di pantai. Terdapat juga gua yang tak terlalu dalam, sehingga bisa ditelusuri.

Untuk sampai ke Pantai Banyu Anjlok cukup membutuhkan perjuangan, yaitu perjalanan "off road" selama sekira 30 menit melewati perkebunan kopi. Anda juga bisa melakukan aktivitas snorkeling dan memanjakan mata dengan perkampungan yang indah. Tiket masuknya hanya Rp5.000 per orang.

Pantai Goa Cina

Pantai Goa Cina adalah destinasi pantai yang terkenal di Malang dengan ombaknya yang ganas. Tapi saat menjelang sore, ombak akan mereda sehingga Anda bisa berjalan ke tengah lautan.

Di pantai Goa Cina juga terdapat pulau karang yang populer untuk foto sembari menikmati matahari terbenam. Selain itu, muara sungai yang mirip danau membuat persediaan air tawar di pantai tersebut melimpah. Lokasinya cukup populer sebagai destinasi perkemahan, dengan tarif masuk Rp5.000.

Itulah sejumlah destinasi peta wisata Malang Jawa Timur yang layak untuk dikunjungi di saat hari libur tiba. Pilih sesuai keinginan dan kebutuhan Anda, baik saat bersama pasangan, teman atau ingin berlibur dengan keluarga.

Baca juga:
Kumpulan Link Twibbon 17 Agustus 2022, Meriahkan HUT RI ke-77 'Bangkit Lebih Kuat'
Kumpulan Doa saat Upacara Kemerdekaan 17 Agustus, Maknanya Sangat Mendalam
Cerita Pendek 17 Agustus di Balik Lomba Tradisional, Ada yang Berisi Sejarah Kelam RI

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini