Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

10 Doa Menghadapi Ujian Agar Mendapat Kemudahan dan Kelancaran, Mudah Dihafalkan

Ada beberapa bacaan doa menghadapi ujian yang bisa diamalkan.

Ujian sendiri biasanya merupakan salah satu hal yang harus dilewati para pelajar atau mahasiswa.

Tujuannya tak lain adalah untuk melihat seberapa dalam pemahaman setiap peserta atas suatu pelajaran tertentu. Hal ini pun diakhiri dengan nilai yang dirangkum dalam bentuk angka atau huruf.

Sementara dalam agama Islam, ada anjuran untuk selalu mengutamakan usaha dan doa. Untuk mendapatkan hasil terbaik, kita senantiasa harus belajar dengan bersungguh-sungguh.

Selain itu, niatkan dalam hati untuk meminta ridha dan keberkahan dari Allah SWT sebelum menghadapi ujian. Caranya yakni dengan membaca doa menghadapi ujian agar diberi kemudahan dan kelancaran sesuai yang diinginkan.

Nah, bagaimana bunyi bacaan doa menghadapi ujian yang bisa diamalkan tersebut? Melansir dari berbagai sumber, Senin (13/5), berikut merdeka.com ulas mengenai 10 doa menghadapi ujian yang dilengkapi dengan artinya.

Doa Menghadapi Ujian

Doa Menghadapi Ujian

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْ أَوْلاَدِي وَاحْفَظْهُمْوَلَا تَضُرَّهُمْ وَارْزُقْنَا بِرَّهُمْ

Allahumma bariklii fii 'aulaazdii waahfathhum wa laa tathurra hum waarzukna birrohum.

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah kebaikan yang banyak kepada anak-anak hamba, jagalah mereka dan jangan Engkau celakakan mereka. Karuniakanlah kepada kami ketaatan mereka"

Doa Menghadapi Ujian Agar Cerdas

اَللّٰهُمَّ ارْزُقْنَا يَارَبِّ فَهْمَ النَّبِيِّيْنَ وَحِفْظَ الْمُرْ سَلِيْنَ وَإِلْهَامَ ألْمَلاَ ىِٕكَةَ ألْمُقَرَّبِيْنَ فِى عَافِيَةٍ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahummarzuqna ya robbi fahman-nabiyyina. Wahifzholmursalin, wa ilhamal-malaaikatil-muqorrobin fi'afiatin ya arhamarrohimin.

Artinya: "Ya Allah, karuniailah kami paham para nabi dan hafalan para rasul serta mendapat ilham para malaikat yang hampir dengan-Mu, juga kurniakanlah kami kesehatan wahai Maha Penyayang."

Doa Menghadapi Ujian untuk Berserah Diri

َبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِنْ ذُرِّيَّتِنَآ اُمَّةً مُّسْلِمَةً لَّكَۖ وَاَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا ۚ اِنَّكَ اَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

Rabbanā waj'alnā muslimaini laka wa min żurriyyatinā ummatam muslimatal laka wa arinā manāsikanā wa tub 'alainā, innaka antat-tawwābur-raḥīm.

Artinya:

"Ya Tuhan kami, jadikanlah kami orang yang berserah diri kepada-Mu, dan anak cucu kami (juga) umat yang berserah diri kepada-Mu dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara melakukan ibadah (haji) kami, dan terimalah tobat kami. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Penerima tobat, Maha Penyayang" (Al-Baqarah: 128)

Doa Menghadapi Ujian Agar Dipermudah

Doa Menghadapi Ujian Agar Dipermudah

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allahumma laa sahla illa maa ja'altahu sahlaa, wa anta taj'alul hazna idza syi'ta sahlaa

Artinya:

"Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya."

Doa Menghadapi Ujian Memohon Kelancaran

قَالَ رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِيوَيَسِّرْ لِي أَمْرِيوَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِييَفْقَهُوا قَوْلِي

Rabbisyraḥ lī ṣadrī wa yassir lī amrī waḥlul 'uqdatam mil lisānī yafqahụ qaulī

Artinya: "Ya Rabb-ku, lapangkanlah dadaku, dan ringankanlah segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku." (QS. Thaha: 25-28).

Doa Menghadapi Ujian yang Bisa Dibaca Orangtua

اللَّهُمَّمْلَأْ قُلُوْبَ أَوْلَادِنَا نُوْرًا وَحِكْمَةً، وَأَهْلِهِمْ لِقُبُوْلِ النِّعْمَةِ وَأَصْلِحْهُمْ، وَأَصْلِحْ بِهِمُ الْأُمَّةَ

Allahummamla' quluba auladina nuran wa hikmatan wa ahlihim liqobuli ni'matin wa ashlih-hum wa ashlih bihimul ummah.

Artinya: "Ya Allah, penuhilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang pantas menerima nikmat, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka"

Doa Menghadapi Ujian Agar Mendapat Masa Depan Cemerlang

Doa Menghadapi Ujian Agar Mendapat Masa Depan Cemerlang

اللَّهُمَّ أَصْلِحْ لَنَا فِي أَئِمَّتِنَا وَجَمَاعَتِنَا وَأَهْلِنَا وَأَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا وَأَمْوَالِنَا وَفِيمَا رَزَقْتَنَا وَبَارِكْ لَنَا فِيهِمْ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ

Allahumma ashlih lana fi aimmatina wa jamaa’atina wa ahlina wadzurriyyatina wa amwaalina wafiimaa razaqtana wa baariklana fiihim fid dunya wal aakhiroh.

Artinya: "Ya Allah perbaikilah untuk kami di dalam imam-imam kami, jama’ah kami, keluarga kami, istri-istri kami, anak-anak turun kami, harta-harta kami dan di dalam apa-apa (rezeki) yang Engkau berikan kepada kami dan berilah kami kebarokahan dalam urusan mereka di dunia dan akhirat."

Doa Menghadapi Ujian Meminta Ridha

اَللّٰهُمَّ زِدْنَا وَلَا تَنْقُصْنَا وَأَكْرِمْنَا وَلَا تُهِنَّا وَأَعْطِنَا وَلَا تَحْرِمْنَا وَاَثِرْنَا وَلَا تُؤْثِرْ عَلَيْنَا وَارْضِنَا وَارْضَ عَنَّا

Allahumma zidnaa walaa tan-qushnaa wa akrimnaa walaa tuhinna wa a'thinaa walaa tahrimnaa wa atsirnaa walaa tu'tsir 'lainaa waardhinaa wardho 'annaa.

Artinya: "Ya Allah, tambahkanlah buat kami jangan Engkau kurangkan, muliakanlah kami jangan dihina, berilah buat kami jangan ditahan, pilihlah kami jangan Engkau biarkan dan ridhoilah kami dan ridhoilah pula semua usaha kami."

Doa Menghadapi Ujian Meminta Kebaikan

Doa Menghadapi Ujian Meminta Kebaikan

رَبِّ أَوْزِعْنِىٓ أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ ٱلَّتِىٓ أَنْعَمْتَ عَلَىَّ وَعَلَىٰ وَٰلِدَىَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَٰلِحًا تَرْضَىٰهُ وَأَصْلِحْ لِى فِى ذُرِّيَّتِىٓ ۖ إِنِّى تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّى مِنَ ٱلْمُسْلِمِينَ

Rabbi auzi'nī an asykura ni'matakallatī an'amta 'alayya wa 'alā wālidayya wa an a'mala ṣāliḥan tarḍāhu wa aṣliḥ lī fī żurriyyatī, innī tubtu ilaika wa innī minal-muslimīn.

Artinya: "Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat-Mu dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri" (Al-Ahqaf:15).

Doa Menghadapi Ujian Agar Diberi Ilmu

فَفَهَّمْنَا سُلَيْمَانَ وَكُلًّا آتَيْنَا حُكْمًا وَعِلْمًا وَسَخَّرْنَا مَعَ دَاوُدَ الجِبَالَ يُسَبِّحْنَ وَالطَّيْرَ وَكُنَّا فَاعِلِيْنَ يَا حَيُّ، يَا قَيُّوْمُ، يَا رَبَّ مُوْسَى وَهَارُوْنَ وَرَبَّ إِبْرَاهِيْمَ، وَيَا رَبَّ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْهِمْ أَجْمَعِيْنَ اللَّهُمَّ ارْزُقْنِيَ الفَهْمَ وَالعِلْمَ وَالحِكْمَةَ وَالعَقْلَ بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Fafahhamnā Sulaimāna, wa kullan ātaynā hukman wa ‘ilman, wa sakhkharnā ma‘a dāwūdal jibāla yusabbihna wat thayra, wa kunnā fā‘ilīn. Yā hayyu, yā qayyūmu, yā rabba Mūsā wa Hārūn, wa rabba Ibrāhīm, way ā rabba Muhammadin shallallāhu ‘alayhi wa sallama ‘alayhim ajma‘īn. Allāhummarzqniyal fahma, wal ‘ilma, wal hikmata, wal ‘aqla, bi rahmatika, yā arhamar rāhimīn.

Artinya:

“Kami memberikan pemahaman kepada Sulaiman. Setiap dari mereka Kami berikan kebijaksanaan dan ilmu. Kami tundukkan gunung dan burung kepada Dawud. Mereka bertasbih. Kami lah yang melakukan itu semua. Wahai zat yang hidup, wahai zat yang tegak, wahai Tuhan Musa, Harun, Tuhan Ibrahim, wahai Tuhan Muhammad SAW. Ya Allah, karuniakan aku pemahaman, ilmu, kebijaksanaan, dan akal dengan rahmat-Mu wahai zat yang maha pengasih."

Doa Agar Peringkat 1 dan Artinya, Bisa Diamalkan Sebelum Ujian
Doa Agar Peringkat 1 dan Artinya, Bisa Diamalkan Sebelum Ujian

Doa agar peringkat 1 di kelas bisa dibaca dan diamalkan oleh umat Muslim sebelum mengerjakan soal ujian.

Baca Selengkapnya
40 Ucapan Doa Berangkat Haji, Penuh Harapan Baik
40 Ucapan Doa Berangkat Haji, Penuh Harapan Baik

Ucapan doa berangkat haji memiliki makna penting bagi mereka yang menunaikan ibadah haji.

Baca Selengkapnya
Doa di Perjalanan Jauh agar Aman dan Tenang, Amalkan saat Mudik
Doa di Perjalanan Jauh agar Aman dan Tenang, Amalkan saat Mudik

Membaca doa perjalanan jauh bertujuan agar perjalan senantiasa lancar dan terhindar dari gangguan hingga selamat sampai tujuan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Doa Diberi Kemudahan dalam Segala Urusan, Amalkan Setiap Hari
Doa Diberi Kemudahan dalam Segala Urusan, Amalkan Setiap Hari

Doa diberi kemudahan ini menjadi salah satu ikhtiar untuk meminta petunjuk dan kemudahan pada Allah.

Baca Selengkapnya
50 Ucapan Selamat Lamaran Nikah yang Penuh Makna dan Doa Baik
50 Ucapan Selamat Lamaran Nikah yang Penuh Makna dan Doa Baik

Ucapan selamat dan doa baik yang kita sampaikan tidak hanya sebagai bentuk kebahagiaan, tetapi juga sebagai doa agar hubungan yang dibina dapat berjalan lancar

Baca Selengkapnya
Doa Memohon Diringankan Beban Hidup, Begini Bacaannya dan Jangan Lupa Diamalkan
Doa Memohon Diringankan Beban Hidup, Begini Bacaannya dan Jangan Lupa Diamalkan

Doa memohon diringankan beban hidup bisa diamalkan oleh umat Islam di setiap kesempatannya. Berikut bacaan doanya.

Baca Selengkapnya
Bacaan Doa Berbuka Puasa Ramadan & Sunnah Lainnya, Ketahui Kapan Waktu Membacanya
Bacaan Doa Berbuka Puasa Ramadan & Sunnah Lainnya, Ketahui Kapan Waktu Membacanya

Berikut bacaan doa berbuka puasa Ramadan dan puasa sunnah lainnya.

Baca Selengkapnya
Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh yang Mudah Dihafalkan, untuk Sendiri & Berjamaah
Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh yang Mudah Dihafalkan, untuk Sendiri & Berjamaah

Berikut bacaan doa qunut sholat subuh yang mudah dihafalkan untuk sendiri dan berjamaah.

Baca Selengkapnya
Bacaan Doa Hajat dan Artinya, Perlu Diamalkan Umat Muslim
Bacaan Doa Hajat dan Artinya, Perlu Diamalkan Umat Muslim

Sholat hajat adalah bentuk ibadah yang dilakukan untuk memohon pertolongan kepada Allah dalam menghadapi suatu masalah atau kesulitan tertentu.

Baca Selengkapnya