Siapa Terbaik di Kelas Ponsel Satu Jutaan, Galaxy A10 atau realme C2?

Jumat, 10 Mei 2019 18:46 Reporter : Hery H Winarno
Siapa Terbaik di Kelas Ponsel Satu Jutaan, Galaxy A10 atau realme C2? Galaxy A10 atau realme C2. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Samsung memiliki senjata di tiap segmen harga untuk seri A terbarunya. Seperti Galaxy A10 yang menyasar pangsa pasar satu jutaan. Realme C2 juga menjadi pesaing baru yang berani menantang di ceruk yang sama.

Di segmen harga seperti ini, tentu nilai tambah menjadi penentu ponsel mana yang lebih pantas untuk dimiliki. Galaxy A10 hadir dengan membawa 'turunan' kelas lini A yang dikenal berkelas. Realme C2 di sisi lain hadir secara lebih rendah hati namun berikan spesifikasi yang menjanjikan.

Galaxy A10 atau realme C22019 Merdeka.com

Dengan modal masing-masing, kira-kira ponsel mana yang lebih cocok menjadi idola di pasar ponsel kelas pemula? Silakan simak perbandingannya di bawah ini.

Kamera

Tidak dapat dimungkiri, meski harapan akan hasil memukau terasa terlalu tinggi, namun nilai tambah dari segmen kamera masih menjadi penentu utama dalam memilih ponsel terbaik.

Galaxy A10 hadir dengan konfigurasi standar, atau bahkan kini terbilangt ketinggalan zaman dengan satu kamera di bagian depan dan satu kamera di bagian belakang. Realme C2 lebih menarik dengan kamera depan sama tunggal dan kamera belakang dualganda. Resolusi kamera Galaxy A10 dan realme C2 pun sama, kamera depan 5MP dan kamera belakang 13MP, hanya saja seperti yang sudah diungkapkan, realme C2 memiliki tambahan kamera beresolusi 2MP sebagai penangkap kedalaman demi fitur bokeh yang lebih presisi.

Desain

Berikutnya desain. Di sektor ini keduanya mengandalkan material plastik tapi dengan finishing yang berbeda. Galaxy A10 datang dengan bodi yang lebih sederhana yaitu warna solid dan permukaan glossy. Realme C2 lebih berusaha tampil dengan tekstur diamond meski juga menyajikan warna solid tanpa gradasi-gradasi tren terkini. Untuk penampang depannya serupa dengan poni berbentuk tetesan air di bagian atas tengah sebagai tempat untuk menaruh kamera depan.

2019 Merdeka.com

Secara keseluruhan kualitas bodi kedua ponsel terbilang baik. Hanya saja jika berbicara daya tahan, realme C2 akan lebih tahan atau setidaknya memberikan tampilan baru yang lebih lama. Ini karena permukaan mengilap milik Galaxy A10 lebih rentan gores, apalagi tidak disertakan aksesori casing gratis dalam paket penjualan.

Galaxy A10 tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu hitam, biru, merah. Realme C2 hadir dalam dua pilihan yakni hitam Diamond Black dan biruDiamond Blue.

Layar

Baik Galaxy A10 dan realme C2 menggunakan jenis panel layar IPS LCD. Panel jenis ini dapat dikatakanh panel LCD terpopuler karena mampu berikan tampilan yang baik meski dilihat dari sudut miring. Ukuran 6,2 inci dipiliuh Galaxy A10 sedangkan realme C2 memilih ukuran 6,1 ini.

Perbedaan keduanya tidak terlalu signifikan perbedaannya jika dilihat secara langsung. Ini karena keduanya berbagi ukuran resolusi yang sama yaitu 720x1520 piksel atau HD+. Tapi, karena ukuran yang sedikit lebih kecil berujung pada kerapatan piksel yang lebih baik di realme C2 (271 ppi Vs. 282 ppi).

Baterai

Realme C2 lebih unggul dalam ukuran kapasitas baterai dengan besaran 4000mAh, Galaxy A10 lebih rendah karena hanya mengusung kapasitas 3400mAh. Dalam penggunaan sehari-hari, keduanya mampu menemani pengguna seharian. Tentunya sejalan dengan kapasitas yang lebih besar, realme C2 dapat bertahan lebih lama.

Kesimpulan

Realme C2 menjadi kandidat yang lebih baik jika membicarakan ponsel kelas pemula terbaik di segmen harga bawah dua juta. Ini karena ponsel tersebut mampu berikan sejumlah nilai tambah yang tidak ada di Samsung Galaxy A10. Memang bagi sebagian orang, brand menjadi faktor besar dalam memilih ponsel, namun untuk ceruk yang sensitif akan harga ini, realme C2 bisa menangkis hal tersebut dengan kelebihan-kelebihannya. [hhw]

Topik berita Terkait:
  1. Realme
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini