PANDI Siapkan Domain Aksara Jawa Bisa Digunakan Pertengahan Tahun 2020

Jumat, 31 Januari 2020 18:14 Reporter : Fauzan Jamaludin
PANDI Siapkan Domain Aksara Jawa Bisa Digunakan Pertengahan Tahun 2020 domain my.id. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua Umum Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), Yudho Giri Sucahyo merencanakan tahun 2020 skrip aksara Jawa atau Hanacaraka dapat digunakan untuk nama domain dot ID. Langkah ini merupakan sebagai wujud preservasi budaya Indonesia.

"Jadi domain dengan menggunakan skrip Aksara Jawa ini bentuk melestarikan warisan budaya kita. Nantinya, aksara dari daerah lain seperti Sunda, Bugis, Lampung, Batak, dan lain sebagainya itu menyusul," katanya di Jakarta, Jumat (31/1).

Dilanjutkannya, sejauh ini proses untuk mewujudkan Internationalized Domain Name (IDN) itu, pihaknya masih terus menyiapkan syarat-syarat yang diminta oleh Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN).

ICANN merupakan organisasi dunia yang berwenang membuat nama dan nomor alamat internet (IP-Address) dan Top Level Domain (TLD).

"Pertengahan tahun 2020 ini mudah-mudahan bisa terlaksana," ungkapnya.

Rencana ini, kata Yudho, sudah mendapatkan restu dari Keraton Yogyakarta, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), dan dalam waktu dekat akan meminta dukungan dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

Baca Selanjutnya: Rencana Lama...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. PANDI
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini