Musik yang ceria buat warna yang kita lihat makin cerah

Jumat, 19 Februari 2016 06:02 Reporter : Indra Cahya
Musik yang ceria buat warna yang kita lihat makin cerah Musik ceria. © playbuzz.com

Merdeka.com - Jika Anda sedang mengalami hari yang buruk, lagu yang ceria adalah pilihan yang tepat untuk membuat hari kembali cerah. Riset pun menunjukkan hal positif serupa.

Dilansir dari Daily Mail (11/2), musik yang menggembirakan sudah jadi rahasia umum untuk membuat seseorang menjadi lebih ceria. Namun sebuah studi menyatakan bahwa lagu-lagu yang bisa mengangkat mood tersebut, bahkan dapat membuat manusia melihat warna di sekitar menjadi lebih cerah daripada aslinya.

Seorang profesor psikologi di University of London, Joydeep Bhattacharya, mengadakan penelitian yang dilakukan ke 20 orang. Penelitian tersebut dilakukan sebanyak 3 kali ke 20 orang yang berbeda untuk membuktikan pengaruh musik ke suasana hati seseorang.

Awalnya partisipan ditunjukkan sebuah gambar kotak berwarna abu-abu, lalu mereka diputarkan sebuah lagu instrumental yang sifatnya acak. Lagu instrumental dipilih agar tidak ada asosiasi lirik lagu yang dapat mempengaruhi hasil tes. Partisipan pun juga diharuskan memberi peringkat pada lagu tersebut, mulai dari 'sangat tidak menyenangkan,' hingga 'sangat memberi semangat.'

Setelah para partisipan diperdengarkan lagu selama 17 detik, mereka langsung ditunjukkan lagi kotak abu-abu yang sama seperti sebelumnya. Partisipan yang mendengarkan lagu yang mereka rasa 'menyenangkan,' cenderung melihat kotak abu-abu tersebut menjadi lebih terang. Sebaliknya, kotak abu-abu terlihat lebih gelap jika mereka menganggap lagu yang mereka dengarkan sama sekali tidak menyenangkan.

Eksperimen tersebut diulang ke partisipan lain, tanpa harus memberi peringkat pada lagu yang mereka dengarkan. Hasilnya pun serupa, kota abu-abu tetap terlihat lebih terang bagi mereka yang mendengarkan musik yang positif.

Sang Profesor menyatakan bahwa tingkat kecerahan yang kita lihat melalui mata adalah metafora dari kebahagiaan, dan musik terbukti punya efek langsung terhadap hal tersebut. Sang profesor pun menyatakan bahwa di kehidupan sehari-hari hal ini sudah selalu terjadi. Seperti pernikahan yang didominasi warna cerah, serta pemakaman dengan dominasi warna gelap. Hal tersebut sudah menjadi contoh relevan bagaimana di budaya manapun, konsep sedih dan bahagia itu dibedakan dengan gelap dan terang. Warna terang pun dapat membangkitkan keceriaan kita, meski itu hanya melalui alam bawah sadar kita.

Hal ini menunjukkan bahwa musik yang membangkitkan semangat, dapat membuat sesuatu yang kita lihat jadi lebih terang. Sesuatu yang lebih terang dan cerah mengindikasikan adanya kebahagiaan, dan musik memberi efek langsung terhadap itu. Tak heran suasana hati seseorang bisa berubah seketika hanya dengan mendengarkan lagu.

Tahun lalu, penelitian yang dikembangkan oleh para ilmuwan Belanda, menobatkan lagu 'Don't Stop Me Now' dari Queen adalah lagu yang 'paling membangkitkan semangat' dalam jangak waktu 50 tahun terakhir. Tempo yang benar, lirik, dan nada lagu menjadi kunci dalam memunculkan perasaan bahagia.

Musisi lain yang karya-karyanya mampu membangkitkan semangat pendengarnya adalah ABBA, The Beach Boys, dan Billie Joel. 'Happy' dari Pharrell Williams juga dinobatkan sebagai lagu paling membangkitkan semangat dalam jangka waktu 6 tahun terakhir. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Penelitian Ilmiah
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini