Malam Ini Ada Fenomena Super Snow Moon, Ini Penjelasannya!

Selasa, 19 Februari 2019 17:06 Reporter : Indra Cahya
Malam Ini Ada Fenomena Super Snow Moon, Ini Penjelasannya! Supermoon. © Twitter

Merdeka.com - Di Februari ini akan terjadi bulan purnama yang terbesar di sepanjang tahun 2019, dan itu akan terjadi malam ini. Fenomena tersebut adalah Super Snow Moon.

Melansir Tekno Liputan6.com yang mengutip CNN, Selasa (19/2/2019), fenomena Super Snow Moon ini terjadi saat bulan berada di orbit paling dekatnya dengan Bumi atau Perigee.

NASA menyebut, jarak antara bulan dengan Bumi saat Super Snow Moon sekitar 583 kilometer. Dengan jaraknya yang begitu dekat dengan Bumi, sinar bulan pun akan makin terang jika dilihat dari Bumi.

NASA menyebutkan bahwa Bulan akan tampak 14 persen lebih besar ketimbang biasanya. Sinar bulan juga bakal 30 persen lebih terang ketimbang hari-hari biasa.

Terkait fenomena ini, Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan soal risiko terjadinya laut pasang.

"Tahukah Sobat Humas? Jarak terdekat Bulan dan Bumi (Perigee) terjadi pada hari ini 19 Februari 2019 pukul 16.00 WIB. Bagi masyarakat di wilayah pesisir pantai harap waspada terhadap pasang maksimum air laut. #FaktaData #SuperSnowMoon #BMKG," cuit BMKG di akun Twitter resmi mereka, @InfoHumasBMKG.

Sekadar informasi, orang Amerika dan Eropa menyebut fenomena Super Snow Moon karena pada saat peristiwa ini terjadi, wilayahnya tengah mengalami musim salju yang lebat. Demikian menurut The Old Farmer Almanac.

Selain disebut Super Snow Moon, fenomena Supermoon yang terjadi pada bulan Februari juga disebut sebagai Hungermoon. Pasalnya, di sebagian wilayah yang mengalami musim dingin, mereka kesulitan mendapatkan bahan makanan.

Menariknya, fenomena Super Snow Moon bisa dilihat dari Bumi. Asalkan cuaca dalam keadaan cerah dan bulan terlihat di langit.

Dibandingkan dengan 2018, Supermoon kali ini sungguh berbeda. Pasalnya tahun lalu tidak ada fenomena bulan purnama pada Februari (disebut Black Moon) sehingga selama sebulan penuh tidak ada bulan purnama.

Sebelumnya pada bulan lalu, terdapat fenomenabulan purnama serupa yang disebut Super Blood Wolf Moon.

Sumber: Tekno Liputan6.com

Reporter: Agustin Setyo Wardani [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Supermoon
  2. Sains
  3. Penelitian Ilmiah
  4. BMKG
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini