KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Kenshiro, robot bertubuh paling mirip manusia

Jumat, 14 Desember 2012 14:00 Reporter : Ikhwan Arief Prihastian
Kenshiro. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Peneliti Jepang berhasil membuat terobosan baru dalam pengembangan robot humanoid. Mereka berhasil mengembangkan robot yang memiliki sistem pergerakan anatomi manusia.

Robot bernama Kenshiro itu telah didemonstrasikan dalam konferensi Humanoids 2012 di Osaka, Jepang. Robot ini merupakan robot yang memiliki anatomi paling mirip dengan manusia. Kenshiro merupakan pengembangan robot Kenta (2001), Kotaro (2005), Kojiro (2007) dan Kenzoh (2010) yang dilakukan oleh tim yang sama dari Universitas Tokyo.

Mereka berhasil menemukan otot dan rangka buatan untuk robot. Merangkainya pun tak sembarangan. Peneliti harus mempertimbangkan berat masing-masing bagian secara proporsional.

Kenshiro memiliki 160 otot yang dikendalikan dengan aktuator motorik. Robot memiliki tinggi 158 cm dan berat 50 Kg.

Sistem otot buatan pada Kenshiro mereplikasi 160 otot mayor yang ada pada manusia. Jumlah yang terbanyak diantara robot humanoid lainnya. Manusia normal sendiri memiliki sekitar 650 otot untuk dapat bergerak dengan bebas.

Robot humanoid sendiri tidak selalu meniru anatomi gerak otot manusia. Banyak dari robot humanoid di dunia tak memiliki sistem pergerakan torso dan kaki mirip manusia. Hal ini disebabkan rumitnya pengembangan jika harus melibatkan anatomi yang mirip manusia.

Tingkat kesulitan tertinggi jika harus menggunakan anatomi manusia adalah pemrograman pergerakan. Ilmuwan harus memprogram begitu banyak gerakan otot dan sendi agar robot mampu bergerak layaknya manusia.

Robot itu terus dikembangkan untuk mendapatkan gerakan yang identik dengan gerakan asli manusia, termasuk saat berlari.

Untuk lebih tahu pengembangan Kenshiro, Anda dapat menyaksikan video berikut.

[ikh]

Topik berita Terkait:
  1. Robot

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.