Ini Deretan Smartphone yang Rilis Radiasi Terbesar dan Terkecil

Sabtu, 9 Februari 2019 12:02 Reporter : Indra Cahya
Ini Deretan Smartphone yang Rilis Radiasi Terbesar dan Terkecil Xiaomi Mi A1. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Para pengguna smartphone seringkali memiliki perhatian lebih soal bagaimana ponsel cerdas tersebut bisa memancarkan radiasi yang bahayakan kesehatan. Meski hal tersebut masih diperdebatkan, Kantor Federal Jerman untuk Perlindungan Radiasi merilis sebuah laporan terkait jumlah radiasi yang dipancarkan smartphone.

Melansir Phone Arena yang mengutip laporan tersebut, terdapat deretan model smartphone populer dengan tahun keluaran baru atau lama, yang didata berdasarkan pancaran radiasi dalam watt per kilogram. Dari data ini, smartphone yang lebih aman atau lebih sedikit radiasi, mencetak skor rendah.

Berikut datanya.

Data Pancaran Radiasi Smartphone 2019 Statista

Perangkat yang memancarkan tingkat radiasi tertinggi adalah Xiaomi Mi A1 yang melepaskan 1,75 watt radiasi per kilogram. OnePlus 5T menempati posisi kedua dengan skor 1,68 watt per kilogram. Selain itu ada beberapa smartphone populer seperti OnePlus 6T (1,55), Pixel 3 XL (1,39), serta iPhone 8 (1,32).

Sebaliknya, gadget dengan pancaran radiasi paling rendah didominasi perangkat Samsung. Samsung Note 8 dan juga ZTE Axon Elite adalah perangkat yang melepas radiasi paling rendah, yakni hanya 0,17 watt per kilogram. LG G7 dan Samsung A8 berada di posisi selanjutnya dengan 0,24 watt per kilogram. Deretan perangkat Samsung lain dengan pancaran radiasi rendah adalah Samsung S8, S8+, dan S9.

Bahaya Radiasi Smartphone Hanya Mitos

Sebenarnya, tidak ada standar atau batasan radiasi tertentu yang membuat sebuah smartphone jadi berbahaya untuk digunakan. Kekhawatiran ini bermula dari asumsi bahwa gelombang radio yang dipancarkan smartphone bisa membawa efek berbahaya, yakni menurunkan jumlah sperma dan menurunkan kesuburan. Asumsi ini sudah muncul sejak lama, namun ternyata hal ini hanya rumor.

Hal ini dikarenakan sebenarnya masyarakat sepertinya salah tangkap akan bagaimana perbedaan-ciri-ciri gelombang elektromagnetik. Gelombang radio adalah gelombang elektromagnetik, begitu juga sinar X.

Meskipun sama-sama gelombang elektromagnetik, sinar X lebih berbahaya karena panjang gelombangnya yang rendah, bisa merusak sel bahkan jaringan. Panjang gelombangnya yang hanya satu per satu juta dari lebar rambut manusia, bisa sangat kuat dan bahaya bagi sel.

Namun, gelombang radio adalah kebalikannya. Panjang gelombang dari gelombang radio yang sepanjang lapangan sepakbola, hanya membawa energi yang kecil. Energi ini terlalu kecil untuk bahkan merusak sel. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Smartphone
  2. Teknologi
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini