Facebook soal Pembatasan Akses WhatsApp: Kami Terus Berkoordinasi

Rabu, 22 Mei 2019 17:13 Reporter : Fauzan Jamaludin
Facebook soal Pembatasan Akses WhatsApp: Kami Terus Berkoordinasi Ilustrasi WhatsApp. ©2019 GadgetsNow

Merdeka.com - Pemerintah melakukan pembatasan terhadap akses aplikasi perpesanan WhatsApp. Hal ini bertujuan meminimalisir terjadinya sharing konten video dan gambar.

Facebook sebagai bagian dari WhatsApp buka suara terkait keputusan pemerintah. Menurut Juru Bicara Facebook, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pemerintah.

"Menanggapi situasi keamanan yang terjadi di Jakarta saat ini, kami terus berkoordinasi dengan pemerintah Indonesia dan bertindak sesuai dengan kemampuan kami," jelasnya melalui pesan singkat kepada merdeka.com, Rabu (22/5).

Lebih lanjut, pihak Facebook menyatakan akan terus memegang komitmen terhadap pelayanannya kepada masyarakat.

"Kami akan terus memegang komitmen kami untuk tetap memberikan layanan bagi masyarakat agar dapat terus berkomunikasi dengan kerabat dan keluarga," terangnya.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan, pembatasan akses medsos ini disebabkan postingan pengguna media sosial dalam bentuk gambar, video hingga meme yang kemudian justru viral di aplikasi perpesanan.

"Kita tahu modusnya posting dalam bentuk gambar, video, meme. Kemudian ada pihak-pihak yang melakukan screen capture tapi viralnya di WhatsApp dan berujung negatif. Maka, kita membatasi gambar dan video. Tetapi teks tetap bisa," jelas Rudi.

Menurut Rudi, konten berbentuk gambar dan video secara psikologis mampu memberikan pandangan secara berbeda. Sehingga, untuk meminimalisirnya, pemerintah membatasi akses video dan gambar.

"Kami mohon maaf untuk hal ini. Justru untuk saat ini, kita harus apresiasi media mainstream dan kembali ke media mainstream untuk mencari informasi," katanya. [faz]

Topik berita Terkait:
  1. WhatsApp
  2. Facebook
  3. Kominfo
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini