Cara menghapus akun Facebook secara permanen di PC atau Android, meski lupa password

Jumat, 4 Mei 2018 17:40 Reporter : Indra Cahya
Cara menghapus akun Facebook secara permanen di PC atau Android, meski lupa password Facebook. © Ideasevolved.com

Merdeka.com - facebook adalah salah satu media sosial paling populer. Tak bisa dipungkiri, hampir semua orang terkoneksi di jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg tersebut. Berbagai fitur di Facebook memang memudahkan kita untuk keep-in-touch lagi dengan teman lama, keluarga jauh, atau teman-teman dekat di sekitar kita.

Namun kini Facebook tak lagi semenyenangkan dulu. Berbagai hal seperti banyaknya berita palsu, pemasaran tertarget yang seringkali mengganggu, bahkan teman-teman lawas kita yang ternyata membuat pos yang ternyata tak cocok dengan preferensi kita. Hal ini membuat makin lama kita makin malas berjejaring lagi di Facebook.

Terlebih lagi, belakangan ramai soal kebocoran data di Facebook. Di AS, data privasi pengguna Facebook dibocorkan dan disalahgunakan untuk mempengaruhi suara politik dari masyarakat, dan akan berimbas besar ke hasil pemungutan suara di Pemilu Presiden 2016 lalu. Tentu ini adalah sesuatu yang mencoreng nilai demokrasi.

Parahnya, Facebook menyatakan ada 10 negara yang disinyalir datanya disalahgunakan oleh Cambridge Analytica, dan di antara daftar tersebut ada Indonesia.

Tentu sangat bisa dipahami jika banyak di antara kita yang tak ingin lagi bermedia sosial di Facebook. Karena selain Facebook sudah jadi tempat yang tak 'asyik' lagi untuk online, risiko kebocoran data bisa berpengaruh besar pada keputusan politik masa depan Tanah Air kita.

Sudah banyak kampanye bergulir untuk memboikot Facebook, senada dengan tagar #DeleteFacebook yang telah jadi tren global. Menghapus akun Facebook pun telah dilakukan oleh banyak sekali pengguna di seluruh belahan dunia. Apakah Anda ingin melakukannya juga dan ingin tahu cara menghapus akun Facebook Anda? Berikut beberapa ulasan dan cara menghapus akun Facebook.

Cara menghapus akun Facebook secara permanen

Jika Anda sudah muak dengan Facebook, Anda bisa menempuh cara menghapus akun Facebook secara permanen, artinya Anda tak akan memiliki akun Facebook lagi selama-lamanya. Cara menghapus akun Facebook secara permanen bisa dibilang cukup rumit, karena memiliki beberapa langkah yang tak sederhana. Selain itu, cara menghapus akun Facebook secara permanen juga butuh waktu lama. Berikut cara menghapus akun Facebook secara permanen:

1. Anda harus masuk ke tautan ini.

Konfirmasi hapus akun Facebook ©2018 Merdeka.com

2. Klik opsi "hapus akun saya" di pojok kanan

3. Masukkan password Facebook Anda, serta pilih beberapa gambar sesuai yang diminta untuk verifikasi

4. Klik "konfirmasi penghapusan"

5. Facebook Anda telah masuk daftar penghapusan dengan masa hapus 14 hari hingga 90 hari

Benar, cara menghapus akun Facebook secara permanen ini akan memakan waktu selama 14 hari hingga 90 hari, tergantung banyaknya pos yang Anda kirim di Facebook selama Anda jadi pengguna. Untuk lebih amannya, Anda juga disarankan untuk 'download copy' atau unduh salinan berbagai pos Anda di Facebook mulai dari kiriman Wall personal, foto, dan profil. Caranya, tinggal masuk ke menu pengaturan, lalu pilih "unduh salinan" yang berada di paling bawah, lalu klik "unduh arsip".

Anda juga diharuskan untuk mendisintegrasikan akun Facebook Anda dari berbagai aplikasi pasca menempuh cara menghapus akun Facebook secara permanen ini. Pasalnya, berbagai aplikasi tersebut masih menggunakan akun Facebook Anda untuk login. Biasanya aplikasi ini adalah berbagai e-commerce, berbagai aplikasi pemesanan tiket dan hotel, serta aplikasi streaming seperti Spotify. Tak ada cara instan, Anda harus memeriksa aplikasi apa saja yang aktif Anda pakai namun masih terhubung ke Facebook, lalu menghapusnya satu-satu.

Bagaimana cara menghapus akun facebook orang lain?

Facebook tak cuma memberi cara menghapus akun kita sendiri, namun Facebook juga memberi bantuan untuk menghapus Facebook orang lain. Lalu bagaimana cara menghapus akun Facebook orang lain?

Syaratnya ada dua: pertama, sang pemilik akun sudah tak mampu mengoperasikan Facebook secara fisik. Kedua, pemilik akun sudah meninggal. Proses cara menghapus akun Facebook orang lain ini pun diharapkan dilakukan oleh anggota keluarga atau kerabat dekat.

Tentu Anda tidak bisa secara diam-diam menghapus akun orang lain yang masih dioperasikan dengan baik oleh penggunanya. Seperti yang penulis jelaskan di atas, opsi ini harus dilakukan kepada keluarga atau kerabat dekat Anda yang tak mampu lagi secara fisik atau sudah meninggal.

Cara menghapus Facebook orang lain:

1. Masuk ke laman ini

2. Ini nama lengkap Anda di kolom yang telah disediakan

3. Isi nama lengkap pengguna Facebook yang ingin Anda non-aktifkan di kolom yang disediakan

4. Isi alamat web atau URL dari pengguna tersebut (URL bisa didapat di address bar di browser Anda)

5. Isi alamat email pengguna yang ingin Anda non-aktifkan

6. Centang salah satu pilihan yang disediakan oleh Facebook

7. Tulis informasi tambahan jika Anda memiliki pertanyaan atau permintaan kepada Facebook terhadap akun pengguna ini

8. Klik "kirim" atau "send"

Cara menghapus akun facebook yang lupa password dan email

Cara menghapus akun Facebook kita yang lupa password dan email, tidak disediakan opsinya oleh Facebook. Namun kita tetap bisa menempuh cara menghapus akun Facebook lama kita tersebut, dengan melaporkannya seakan itu adalah akun spam. Tak lain dan tak bukan, Anda harus memblokir akun lama Anda tersebut. Begini cara menghapus akun Facebook yang lupa password dan email:

1. Login di Facebook Anda yang baru, atau koordinasi dengan teman atau keluarga yang memiliki akun Facebook

2. Search akun Facebook lama Anda yang ingin dihapus

3. Jika telah ditemukan, pilih menu berupa titik 3 di profil tersebut

4. Pilih opsi "Laporkan"

5. Setelah itu, pilih "Pulihkan atau tutup akun ini"

6. Lalu, pilih "tutup akun ini"

7. Permintaan tutup akun ini akan terkirim ke pihak Facebook dan akan diproses

8. Setelah proses selesai oleh Facebook, akun akan dihapus dan hilang dengan sendirinya

Cara menghapus akun facebook di HP Android

Lewat HP atau ponsel pintar Anda, menempuh cara menghapus akun Facebook Anda ternyata tak jauh beda dengan menggunakan PC. Berikut cara menghapus akun Facebook di HP Android:

1. Anda harus masuk ke tautan ini.

2. Klik opsi "hapus akun saya" di pojok kanan

3. Masukkan password Facebook Anda, serta pilih beberapa gambar sesuai yang diminta untuk verifikasi

4. Klik "konfirmasi penghapusan"

5. Facebook Anda telah masuk daftar penghapusan dengan masa hapus 14 hari hingga 90 hari [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Facebook
  2. Skandal Facebook
  3. Media Sosial
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini