Begini cara mudah tambah akun email di Gmail lewat smartphone

Selasa, 4 Agustus 2015 16:04 Reporter : Bramy Biantoro
Begini cara mudah tambah akun email di Gmail lewat smartphone Gmail. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Di era digital ini, memiliki dua atau lebih akun email adalah hal yang wajar, terutama karena tuntutan pekerjaan. Di sisi lain, mempunyai beberapa email bisa sangat menyusahkan, beberapa aplikasi email harus diunduh dalam satu perangkat hanya agar tidak kelewatan email penting.

Nah, untuk menghindari masalah pelik itu, ada cara yang bisa Anda lakukan, yakni menambahkan akun email di aplikasi Gmail lewat smartphone Android Anda. Akun yang ditambahkan pun tidak melulu harus akun Google, akun Yahoo pun bisa. Bagaimana caranya?

Langkah Pertama

Yang pertama kali Anda harus lakukan tentu masuk ke aplikasi Gmail di smartphone, lalu ketuk bagian ikon menu yang digambarkan dengan simbol tiga garis putih (ujung kiri atas).

Setelah opsi menu muncul, geser layar ke bagian bawah hingga bertemu dengan opsi 'Setting'. Ketuk atau tap opsi tersebut.

Langkah kedua

Di bagian Setting Anda akan melihat beberapa opsi dan akun yang sudah terdaftar di Gmail. Arahkan pandangan Anda ke opsi paling bawah, 'Add Account', lalu tap opsi itu untuk menambah akun email di Gmail.

Kemudian Anda akan diminta untuk memilih jenis akun email yang hendak ditambahkan, bisa akun Google (pilihan atas) dan akun email dari penyedia layanan lain, seperti Yahoo, Microsoft, dan lain-lain (opsi bawah).

Mengingat menambah akun Google prosesnya lebih mudah, kali ini merdeka.com akan mencoba menambah akun Yahoo yang banyak dimiliki oleh netizen Indonesia.

Jika akun Yahoo sudah dimasukkan, Anda tinggal mengetuk 'Next' di bagian kanan bawah layar smartphone.

Langkah ketiga

Selanjutnya, Anda akan dituntun untuk melakukan sinkronisasi antara akun Yahoo dengan Gmail. Dan hal pertama adalah masuk ke akun Yahoo Anda, jadi pastikan Anda sudah mengingat atau menuliskan password akun Yahoo Anda sebelumnya.

Saat password yang Anda masukkan cocok, Gmail akan meminta izin untuk mengakses akun Yahoo. Untuk mengecek apa saja yang akan diakses oleh Gmail, Anda bisa melihat detailnya dengan mengetuk tanda panah ke bawah di ujung kanan bagian 'Yahoo! Mail' dan 'Profiles'. Jika semua dirasa sudah oke, ketuk 'Agree'.

Hal terakhir yang harus dilakukan adalah menentukan proses sinkronisasi akun Yahoo di aplikasi Gmail yang meliputi frekuensi sinkronisasi (15 menit-1 jam), hingga soal notifikasi email Yahoo yang bisa ditampilkan di Gmail.

Perlu diperhatikan, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda menghilangkan centang di bagian terakhir (otomatis download file lampiran saat ada Wi-Fi). Dengan begitu, jika ada file yang mencurigakan, smartphone Anda tidak langsung mengunduhnya.

Selesai! Anda bisa melihat akun Yahoo Anda akan muncul di menu setting dan Anda bisa dengan mudah mengakses email Yahoo lewat Gmail. Selamat mencoba! [bbo]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini