Akuisisi Fitbit Oleh Google, Siap Ungguli Dominasi Apple di Industri Smartwatch!

Senin, 4 November 2019 16:12 Reporter : Indra Cahya
Akuisisi Fitbit Oleh Google, Siap Ungguli Dominasi Apple di Industri Smartwatch! Ilustrasi Google Pixel Watch. ©2019 Phonearena.com

Merdeka.com - Dalam usahanya untuk jadi salah satu pemain di industri smartwatch, Google baru saja mengakuisisi perusahaan smartwatch populer, Fitbit.

Melansir laporan Business Insider, Google mengakuisisi Fitbit dengan angka USD 2,1 miliar.

Dengan ini, Google bisa mengambil potensi untuk bersaing mutlak bersama Apple dengan produk Apple Watch besutannya. Google tentu akan memanfaatkan deretan kekayaan intelektual terkait arloji pintar yang selama ini belum dijamah ranahnya oleh Google.

Meski demikian, belum ada wacana apakah akuisisi ini akan membuat penamaan smartwatch Fitbit akan konsisten dengan nama tersebut, atau justru akan lahir merek baru. Misalnya saja 'Pixel Watch.'

1 dari 3 halaman

Software yang Lebih Mumpuni

Persaingan antara Apple Watch dan Fitbit sebelumnya adalah sesuatu yang 'tidak berimbang.' Pasalnya, Apple Watch punya software besutan Apple yang lebih ramah pengguna, namun tetap canggih dan elegan.

Berbagai elemen seperti pop-up notifikasi, penampilan aplikasi, dan sebagainya, semua memberikan pengalaman terbaik jika Anda menggunakan Apple Watch. Sementara di Fitbit, meski fungsional, semua terlalu sederhana. Dengan disematkannya WearOS milik Google, hal ini akan menolong Fitbit lebih baik di sisi software.

2 dari 3 halaman

Relasi Developer

Hal paling penting soal diakuisisinya Fitbit oleh Google, tentu akhirnya Fitbit bisa bertemu dengan jaringan developer terbaik yang dimiliki Google.

Sebelumnya, ratusan aplikasi yang ada di Fitbit hanya dikembangkan oleh developer kecil. Hanya ada beberapa aplikasi yang dikembangkan oleh developer besar, seperti Uber dan Spotify, namun sisanya adalah developer yang tidak terlalu ternama.

Jika dibandingkan, Apple Watch punya 20.000 aplikasi yang cocok digunakan di watchOS.

3 dari 3 halaman

Fitbit Bisa Menyusul?

Soal pangsa pasar, Apple Watch berkuasa mutlak di industri smartwatch. Bagaimana tidak, berdasarkan data dari Srategy Analytics, 46,4 persen smartwatch dikuasai Apple Watch. Sementara Fitbit hanya 9,8 persen saja.

Namun jika Fitbit dan Google mampu bekerjasama dengan baik dan melakukan pembenahan di banyak aspek, Fitbit bisa jadi kompetitor besar dari Apple.

Berbagai keuntungan sudah dikantongi oleh Fitbit. Pertama, harganya jauh lebih terjangkau. Produk terbaik Fitbit yakni Versa 2, dibanderol setengah dari harga Apple Watch Series 5.

Kedua, Fitbit punya kemampuan untuk melacak tidur Anda, sementara Apple Watch butuh menginstal aplikasi pihak ketiga untuk melakukannya.

Ketiga, Fitbit memiliki ketahanan baterai yang jauh lebih baik ketimbang Apple Watch. Ketahanan baterai Fitbit bisa empat hingga lima hari dalam sekali cas. Sementara Apple Watch hanya satu hari saja.

Bagaimana persaingan mereka nanti? Kita lihat saja. [idc]

Baca juga:
Mengenal BERT, Teknologi Canggih di Balik Akuratnya Pencarian Google
Pemerintah Aceh Protes Terjemahan Google Bernada Rasisme
Cara Aktifkan Dark Mode di Gmail, Nyaman di Mata!
Cara Logout Akun Gmail di Android dan iOS, Mudah!
Android 10 Baru Rilis, Google Sudah Konfirmasi Hadirnya Android 11
Google Umumkan Kehadiran Pixel 4 dan Pixel 4 XL
Warga Protes Arti Orang Aceh di Google Translate Nyeleneh

Topik berita Terkait:
  1. Google
  2. Smartwatch
  3. Apple Watch
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini