Mengenal Forest Bathing, Praktik Penghilang Stres Ala Jepang

Selasa, 14 September 2021 17:00 Reporter : Ani Mardatila
Mengenal Forest Bathing, Praktik Penghilang Stres Ala Jepang Ilustrasi hutan. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Aleksander Bolbot

Merdeka.com - Forest bathing mungkin kedengarannya masih asing di Indonesia, namun sebenarnya banyak orang mempraktikkan hal ini. Ketika sedang stres banyak orang memilih pergi berlibur mengunjungi wisata alam.

Dengan hanya menikmati pemandangan alam, pikiran yang jenuh bisa berubah menjadi segar. Di Indonesia banyak wisata alam yang bisa dikunjungi dengan gratis, mulai hanya sungai dengan bebatuan indah dan air jernih hingga pegunungan.

Forest bathing seperti namanya yang diambil dari bahasa Inggris forest yang artinya hutan, mengacu pada praktik penghilangan stres di hutan. Terapi ini lumrah di Jepang yang dikenal sebagai Shinrin-yoku. 'Shinrin' berarti hutan dan 'Yoku' berarti mandi.

Berikut selengkapnya merdeka.com rangkum tentang praktik penghilang stres forest bathing dan cara melakukannya:

2 dari 4 halaman

Apa itu Forest Bathing?

bule nikahi wanita indonesia rela tinggal di hutan selama 15 tahunYouTube Petualangan Alam Desaku ©2021 Merdeka.com

Forest bathing didasarkan pada praktik Jepang, shinrin-yoku, yang dapat diterjemahkan sebagai "minum obat atau suasana hutan." Sementara itu, forest bathing sudah dilakukan di Jepang sejak 1980-an, dan baru-baru ini semakin populer di seluruh dunia.

Ini bukan olahraga, atau hiking, atau jogging. Forest bathing adalah praktik sadar dan kontemplatif untuk tenggelam dalam pemandangan, suara, dan aroma hutan. Shinrin-yoku seperti jembatan. Dengan membuka indra kita, itu menjembatani kesenjangan antara kita dan alam.

3 dari 4 halaman

Manfaat Forest Bathing

Mindfulness

Salah satu manfaat nyata dari berjalan-jalan di alam adalah menjauh dari layar ponsel, media sosial dan lainnya. Pada saat yang sama, ketika kita menikmati alam, kita juga mematikan perenungan, kekhawatiran, dan pemikiran obsesif. Sebaliknya, kita mengambil istirahat dan memberikan waktu untuk diri kita sendiri untuk mengisi ulang dan menghargai waktu nyata sekarang.

Forest bathing melibatkan perhatian penuh. Kita dapat mencapai keadaan perhatian penuh melalui berbagai bentuk meditasi tetapi juga melalui kehidupan sehari-hari. Selama forest bathing, seperti selama kegiatan penuh perhatian, kita meningkatkan indra kita, menangguhkan penilaian, dan berfokus pada "sekarang."

Minyak Pohon

pelepasliaran owa dan kukang jawa di hutan aceh©Chaideer Mahyuddin/AFP

Tumbuhan dan pohon memancarkan zat yang disebut phytoncide. Minyak esensial ini melindungi tanaman dan pohon dari serangga dan kuman. Sifat antimikroba mereka dapat memengaruhi kekebalan.

Menghirup udara hutan meningkatkan tingkat sel pembunuh alami (NK) dalam darah kita. Tubuh kita menggunakan sel NK ini untuk memerangi infeksi dan kanker. Satu penelitian di Jepang menunjukkan peningkatan jumlah dan aktivitas sel NK ini oleh orang-orang yang mandi di hutan. 

Selain memengaruhi fungsi sistem kekebalan, phytoncides meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan mood dan perhatian, serta meningkatkan kreativitas seperti yang dilansir dari verywellmind.

Pengurangan Stres

berada di hutan©2021 Merdeka.com/pixabay

Efek positif dari forest bathing menjadi lebih dikenal. Dalam satu studi baru-baru ini, peserta yang biasa berjalan melalui hutan menunjukkan bukti penurunan tekanan darah. Paparan minyak pohon dan berjalan-jalan di hutan juga dapat berkontribusi untuk mengurangi kecemasan.

Penelitian ilmiah sebelumnya menemukan bahwa perenang hutan menunjukkan bukti berkurangnya hormon stres seperti adrenalin dan noradrenalin dalam tubuh mereka. Mandi hutan telah terbukti membantu mereka yang tidak hanya mengalami situasi stres sementara tetapi juga stres kronis.

Bahkan, selain alat manajemen stres lainnya, mandi hutan menjadi metode pengurangan stres yang semakin populer. Psikolog merekomendasikan terapi hutan untuk mengurangi risiko penyakit terkait stres psikososial.

Terapi hutan dianggap sebagai modalitas hemat biaya yang mempromosikan kesejahteraan psikologis secara keseluruhan dan dapat digunakan bagi mereka yang mengalami stres dan tantangan kesehatan mental. Hasilnya menunjukkan "korelasi positif yang signifikan antara alam, perhatian, dan ukuran kesejahteraan psikologis."

4 dari 4 halaman

Cara Forest Bathing

berada di hutan©2021 Merdeka.com/pixabay

Pertama, cari tempat. Pastikan Anda telah meninggalkan ponsel dan kamera. Anda akan berjalan tanpa tujuan dan perlahan. Anda tidak memerlukan perangkat apa pun. 

Biarkan tubuh Anda menjadi pemandu Anda. Dengarkan ke mana ia ingin membawa Anda. Luangkan waktu Anda. Tidak masalah jika Anda tidak mendapatkan apa-apa. Anda tidak akan kemana-mana. Anda menikmati suara, bau dan pemandangan alam dan membiarkan hutan masuk.

Kunci untuk membuka kekuatan hutan ada di panca indra. Biarkan alam masuk melalui telinga, mata, hidung, mulut, tangan dan kaki. Dengarkan nyanyian burung dan angin sepoi-sepoi di dedaunan pepohonan. Lihatlah kehijauan pepohonan yang berbeda dan sinar matahari yang menembus cabang-cabangnya. Cium aroma hutan dan hirup aromaterapi alami dari phytoncides

Rasakan kesegaran udara saat Anda menarik napas dalam-dalam. Letakkan tangan Anda di batang pohon. Celupkan jari tangan atau kaki Anda ke sungai. Berbaring di tanah. Minum dalam rasa hutan dan lepaskan rasa senang dan tenang Anda. Ini adalah indra keenam Anda, keadaan pikiran. Sekarang Anda telah terhubung dengan alam. Anda telah menyeberangi jembatan menuju kebahagiaan.

Dalam hal menemukan ketenangan dan relaksasi, tidak ada solusi yang cocok untuk semua, ini berbeda dari orang ke orang. Penting untuk menemukan tempat yang cocok untuk Anda. Jika Anda menyukai bau tanah yang lembap, Anda akan merasa paling santai di mana pemandangan alam menyediakannya. 

Maka efek dari hutan akan lebih kuat. Mungkin Anda memiliki tempat di pedesaan yang mengingatkan Anda akan masa kecil atau masa-masa bahagia di masa lalu. Tempat-tempat ini akan menjadi istimewa bagi Anda dan hubungan Anda dengan mereka akan kuat.

[amd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini