Ketahui Apa Manfaat Olahraga Bagi Tubuh Kita Secara Fisik dan Mental

Senin, 27 Juni 2022 12:21 Reporter : Ani Mardatila
Ketahui Apa Manfaat Olahraga Bagi Tubuh Kita Secara Fisik dan Mental 10 Jenis olahraga ini akan menjadi tren di tahun 2014. ©Thinkstock photos/Getty Images

Merdeka.com - Secara teori, kebanyakan dari kita tahu bahwa olahraga itu baik untuk kita. Kita tahu bahwa itu dapat membantu kita menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan kita saat ini.

Manfaat olahraga bagi tubuh kita bahkan tidak lebih dari itu, tidak hanya secara fisik, namun juga mental. Olahraga menjadi hal esensial untuk kesejahteraan hidup terutama jika dilakukan secara rutin.

Tanpa sadar terkadang kita tenggelam dalam kegiatan sehari-hari yang membuat kita lelah dan menyebabkan bagian tubuh tertentu tidak banyak digunakan sehingga semakin terasa pegal.
Berikut merdeka.com merangkum apa manfaat olahraga bagi tubuh yang penting diketahui:

2 dari 3 halaman

Membuat merasa lebih bahagia

Endorfin adalah hormon yang mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kesenangan, menciptakan perasaan sejahtera dan positif secara umum. Jadi mengetahui bagaimana kondisi endorfin yang stabil bermanfaat bagi tubuh ini mungkin membuat motivasi olahraga Anda semakin bertambah.

Endorfin juga bertindak sebagai obat penghilang rasa sakit alami dan dapat membantu meredakan nyeri jangka panjang. Olahraga teratur dapat memperkuat otot, mengurangi rasa sakit kronis dan risiko cedera.

Memberi lebih banyak energi

Aktivitas fisik meningkatkan detak jantung dan membuat darah Anda mengalir. Lebih banyak oksigen dan nutrisi ke otot berarti tingkat energi yang lebih tinggi. Dan meskipun tampaknya aneh bahwa mengeluarkan energi sebenarnya dapat memberi Anda lebih banyak energi, sains mendukung klaim ini.

Satu studi menemukan bahwa 90% orang yang menyelesaikan program olahraga teratur melaporkan penurunan kelelahan dibandingkan dengan mereka yang tidak berolahraga.

Membantu melawan depresi

Penelitian menunjukkan bahwa untuk kasus depresi ringan atau sedang, olahraga bisa menjadi pengobatan yang efektif.

Berolahraga meningkatkan sensitivitas otak terhadap serotonin dan norepinefrin, yang meredakan perasaan depresi.

Tapi jangan berpikir Anda perlu memulai pelatihan maraton untuk mendapatkan manfaatnya.

Satu studi menunjukkan bahwa hanya enam minggu yoga (selain pengobatan standar) sudah cukup untuk mengurangi depresi dan bahkan kecemasan. Yoga dan Pilates juga berfokus pada latihan pernapasan, yang dapat mengurangi stres dan meningkatkan relaksasi.

Membantu memelihara otot dan tulang yang kuat

Seiring bertambahnya usia, kita kehilangan massa dan fungsi otot. Tetapi berolahraga secara teratur dapat mengurangi kehilangan otot dan mempertahankan kekuatan. Saat kita berolahraga, tubuh kita melepaskan hormon yang membantu otot menyerap asam amino dan meningkatkan pertumbuhan otot.

Dan menurut sebuah penelitian, berolahraga saat kita muda membantu membangun kepadatan tulang, yang dapat membantu mencegah osteoporosis seiring bertambahnya usia.

3 dari 3 halaman

Mengurangi risiko penyakit kronis

Apa manfaat olahraga bagi tubuh secara teratur dapat membantu menangkal penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Ini juga dapat membantu jika Anda memiliki tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.

Mengurangi rasa sakit

Jika Anda menderita nyeri punggung bawah kronis, fibromyalgia, atau kondisi lain yang menyebabkan nyeri kronis, olahraga terbukti membantu mengurangi rasa sakit.

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga dapat mengurangi keparahan nyeri, serta meningkatkan fungsi fisik.

Meningkatkan kesehatan otak

Olahraga memang bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak bagi semua orang, namun terlebih lagi bagi mereka yang berisiko terkena demensia dan penyakit Alzheimer.

Gerakan meningkatkan kesehatan kardiovaskular, meningkatkan aliran darah ke otak dan mengurangi peradangan. Ini juga merangsang produksi hormon yang meningkatkan pertumbuhan sel-sel otak.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pada orang dewasa yang lebih tua, olahraga juga dapat berdampak pada hipokampus. Bagian otak ini penting untuk memori dan pembelajaran. Berolahraga dapat membantunya tumbuh, yang dapat meningkatkan fungsi mental.

Memperbaiki kulit

Dengan keringat yang keluar dari berolahraga, Anda mungkin tidak menyangka bahwa apa manfaat olahraga bagi tubuh dapat memberikan dampak positif bagi kulit. Tetapi olahraga ringan secara teratur dapat meningkatkan antioksidan dalam tubuh Anda.

Antioksidan tersebut membantu melindungi sel dari stres oksidatif dan radikal bebas, yang dapat merusak kulit. Berolahraga juga meningkatkan aliran darah yang dapat membantu efek anti-penuaan.

Meningkatkan kehidupan seks

Olahraga dapat membuat jantung lebih kuat, otot dan meningkatkan fleksibilitas, yang dapat bermanfaat dalam kehidupan seks Anda.

Penelitian juga menunjukkan bahwa pada wanita pascamenopause yang berolahraga, hasrat seksual mereka meningkat, sementara olahraga secara signifikan meningkatkan fungsi ereksi pada pria.

Membantu menjaga berat badan

Jika Anda memiliki berat badan ideal, berolahraga dapat membantu dalam berbagai cara. Selain menggunakan kelebihan kalori yang akan disimpan sebagai lemak, berolahraga membantu menjaga massa otot dan memperbaiki otot.

Ini juga mengurangi stres dan dapat membantu Anda tidur, yang semuanya mengarah pada pilihan yang baik dalam hal makan.

Membantu hidup lebih lama

Penyedia layanan kesehatan merekomendasikan olahraga teratur untuk memperbaiki atau mencegah kondisi seperti diabetes, penyakit jantung, beberapa bentuk kanker dan obesitas.

Tetapi juga menjaga kesehatan tulang, otot dan persendian, menurunkan kolesterol dan tekanan darah, dan melindungi kesehatan mental. Semua manfaat luar biasa ini dapat menambah satu hal, hidup lebih lama.

[amd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini